Page 89 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 89

diberikan nantinya terkhusus daerah 3T, memanglah harus melewati kajian mendalam dan
























                                                                                                             kapan perlu diterjunkan langsung pihak peneliti kelapangan dalam rangka kelayakan akan

























                                                                                                             suatu  program  nantinya. Bantuan  yang  sesuai  dengan keinginan  daerahnya  tentu  lebih

























                                                                                                             disenanggi  oleh masyarakat  disana,  karena  sudah melewati  studi  mendalam.  Walaupun
























                                                                                                             program diinisatif oleh pusat, namun implementasi program sepenuhnya akan dijalankan

























                                                                                                             oleh wilayah 3T terpilih yang notabenenya akan didirikan sekolah berbasis TIK. Masyarakat
























                                                                                                             didaerah sana akan saling bahu membahu dalam menjalani program pendidikan 3T. Program

























                                                                                                             ini  diharapkan  menjadi  “milik”  sekolah,  dan  bukan  “milik  pemerintah”  yang  seringkali
























                                                                                                             dijalankan sekedar memenuhi kewajiban. Oleh karena itu, peran kepala sekolah, guru, siswa,

























                                                                                                             serta  stakeholder  pendidikan  setempat  menjadi  sangat  penting  perannya.  Keterlibatan

























                                                                                                             semua elemen tersebut dalam menjaga, merawat, dan merasa memiliki sangat menentukan
























                                                                                                             keberhasilan program tersebut.

























                                                                                                             Sustainability (keberlangsungan)

























                                                                                                                                                                    Prinsip  ketiga dalam  pendidikan  daerah  3T  adalah  keberlangsungan.  Biasanya

























                                                                                                             keterlibatan  berlangsung  ketika  salah  satu  atau  sekelompok  orang,  serta  pihak-pihak
























                                                                                                             memiliki kepentingan akan sesuatu. Hal ini membuat keberlangsungan dari suatu program

























                                                                                                             akan tetap berjalan. Kita tidak bisa melupakan bahwasanya sangat banyak program yang
























                                                                                                             bagus berhenti ditengah jalan diakibatkan keberlangsungan program tersebut tidak ada.

























                                                                                                             Oleh sebab itu, pemberdayaan dan tumbuh dari bawah sebagaimana penjelasan diawal,

























                                                                                                             maka nantinya diharapkan program 3T ini dapat tetap berkesinambungan tana ada interupsi
























                                                                                                             maupun intervensi dari pihak luar, termasuk pemerintah pusat. Pelatihan dan pendampingan

























                                                                                                             dapat menjadi wahana jitu agar program yang telah dirancang dapat bertahan. Pelatihan

























                                                                                                             yang diberikan juga akan memberikan harapan kepada semua stakeholder untuk dapat
























                                                                                                             membantu meminimalisir permasalahan pembelajaran yang terjadi, dengan begitu dapat

























                                                                                                             meningkatkan  kualitas  dan  kuantitas  pembelajaran  melalui  TIK  komponen  utama  dalam
























                                                                                                             pendidikan di wilayah 3T.























































































                                                             78                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Pendidikan Untuk Generasi Z
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94