Page 92 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 92
• Kompetensi Kepribadian. Suatu kemampuan dalam mengerjakan tugas atau mencapai
sesuatu yang berkaitan dengan pemenuhan aspek-aspek psikologis yang optimal.
• Kompetensi Pedagogis. Kemampuan yang dilakukan oleh seseorang dalam
mengajarkan suatu pengetahuan kepada orang lain dengan menggunakan pendekatan
dan strategi yang sistematis dan bisa dipertanggungjawabkan.
• Kompetensi Profesional. Kemampuan seseorang dalam menjalankan tugas dan
kewajiban sesuai dengan yang diembannya.
• Kompetensi Sosial. Kemampuan seseorang untuk berhasil dalam menjalin relasi dan
interaksi yang berkelanjutan dengan orang lain.
• Konstruksi Pengetahuan. Suatu proses yang dilakukan dalam mencari informasi dan
masalah, mengidentifikasi, dan menjadikannya sumber yang bisa digunakan untuk
rujukan atau bahan pembelajaran.
• Masterplan. Kegiatan yang dilakukan dalam merencanakan dan menyusun sebuah
aktivitas dan kegiatan di kemudian hari dengan sangat matang.
• Model Pembelajaran. Sebuah panduan atau prinsip yang digunakan dalam proses
pembelajaran karena mempunyai struktur dan ciri khas sehingga bisa dicontoh dan
dijadikan rujukan untuk berperilaku.
• Pendekatan Saintifik. Sebuah cara yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan
melalui langkah-langkah yang ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
• Pendidikan Menengah Universal. Program pendidikan yang memberikan layanan
seluas-luasnya kepada seluruh warga negara Republik Indonesia untuk mengikuti
pendidikan menengah yang bermutu.
• Reformasi Pendidikan. Suatu upaya yang dilakukan untuk melakukan perbaikan dan
pengembangan terhadap sistem pendidikan yang sudah ada dan dilakukan dengan
kegiatan yang terprogram dan sistematik.
• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sebuah pegangan atau panduan yang digunakan
oleh guru untuk melakukan pembelajaran di kelas.
Pendidikan Untuk Generasi Z 81