Page 90 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 90

Pendekatan pembelajaran moderen

























                                                                                                                                                                                                                                         Prinsip keempat yaitu penerapan strategi pembelajaran modern. Kita mengetahui
























                                                                                                                                                                                 bahwasanya TIK saat ini betul-betul memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan

























                                                                                                                                                                                 kita, karena TIK dapat mempermudah, memperlancar, dan mempercepat proses pekerjaan
























                                                                                                                                                                                 yang  dilakukan.  Hal  ini  juga  berlaku  dalam  pendidikan,  terkhusus  proses  pembelajaran

























                                                                                                                                                                                 sehingga  dapat  mempermudah  guru  dalam  memberikan  ilmu  pengetahuan  dan  siswa

























                                                                                                                                                                                 sebagai bagian utama akan diberikan kemudahan dalam belajar. Sangat banyak penelitian
























                                                                                                                                                                                 yang dilakukan oleh berbagai akademisi termasuk guru sendiri, yang menyatakan TIK dapat

























                                                                                                                                                                                 meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong siswa termotivasi untul belajar. Hal ini

























                                                                                                                                                                                 tentu kabar baik, sehingga pemerintah melalui Kemendikbud sudah selayaknya memberikan
























                                                                                                                                                                                 kesempatan  menyeluruh  baik  itu  diperkotaan  bahkan  daerah  3T  untuk  menjadikan  TIK

























                                                                                                                                                                                 sebagai bagian program utama dalam menunjang proses pembelajaran tanpa terkecuali.
























                                                                                                                                                                                 Selain itu, survey online yang telah dilakukan pada portal Rumah Belajar, bulan November

























                                                                                                                                                                                 2012,  menyatakan  dari  lebih  dari  6000  responden,  sebanyak  62%  mengakui  bahwa

























                                                                                                                                                                                 penggunaan TIK saat ini masih terbatas hanya sebagai media presentasi. Artinya belum
























                                                                                                                                                                                 termaksimalkan dengan baik dan aktivitas pembelajaran bisa dibilang 70% masih tertuju

























                                                                                                                                                                                 pada guru dengan metode ceramah.
























                                                                                                                                                                                                                                         Oleh  karena  itu,  untuk  menciptakan  pendekatan  pembelajaran  modern,  maka

























                                                                                                                                                                                 diharapkan  adanya  strategi  mix  pembelajaran,  yaitu  strategi  pembelajaran  siswa  aktif

























                                                                                                                                                                                 (active learning) dan pembelajaran berorientasi kepada siswa (student center). Pendekatan
























                                                                                                                                                                                 ini adalah ciri dari pembelajaran modern yang masih belum diterapkan pada proses belajar

























                                                                                                                                                                                 mengajar di kelas. Kalau mix strategy pembelajaran tersebut diterapkan dengan baik, maka

























                                                                                                                                                                                 pembelajaran jadul ditinggalkan dan terciptalah pembelajaran abad 21 yang memiliki enam
























                                                                                                                                                                                 dimensi, yaitu pengembangan keterampilan berkomunikasi, pemanfaatan TIK untuk belajar,

























                                                                                                                                                                                 pemecahan masalah nyata, mandiri, pembangunan pengetahuan dan kolaborasi.






















































































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    79
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95