Page 90 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 90
Pendekatan pembelajaran moderen
Prinsip keempat yaitu penerapan strategi pembelajaran modern. Kita mengetahui
bahwasanya TIK saat ini betul-betul memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan
kita, karena TIK dapat mempermudah, memperlancar, dan mempercepat proses pekerjaan
yang dilakukan. Hal ini juga berlaku dalam pendidikan, terkhusus proses pembelajaran
sehingga dapat mempermudah guru dalam memberikan ilmu pengetahuan dan siswa
sebagai bagian utama akan diberikan kemudahan dalam belajar. Sangat banyak penelitian
yang dilakukan oleh berbagai akademisi termasuk guru sendiri, yang menyatakan TIK dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong siswa termotivasi untul belajar. Hal ini
tentu kabar baik, sehingga pemerintah melalui Kemendikbud sudah selayaknya memberikan
kesempatan menyeluruh baik itu diperkotaan bahkan daerah 3T untuk menjadikan TIK
sebagai bagian program utama dalam menunjang proses pembelajaran tanpa terkecuali.
Selain itu, survey online yang telah dilakukan pada portal Rumah Belajar, bulan November
2012, menyatakan dari lebih dari 6000 responden, sebanyak 62% mengakui bahwa
penggunaan TIK saat ini masih terbatas hanya sebagai media presentasi. Artinya belum
termaksimalkan dengan baik dan aktivitas pembelajaran bisa dibilang 70% masih tertuju
pada guru dengan metode ceramah.
Oleh karena itu, untuk menciptakan pendekatan pembelajaran modern, maka
diharapkan adanya strategi mix pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran siswa aktif
(active learning) dan pembelajaran berorientasi kepada siswa (student center). Pendekatan
ini adalah ciri dari pembelajaran modern yang masih belum diterapkan pada proses belajar
mengajar di kelas. Kalau mix strategy pembelajaran tersebut diterapkan dengan baik, maka
pembelajaran jadul ditinggalkan dan terciptalah pembelajaran abad 21 yang memiliki enam
dimensi, yaitu pengembangan keterampilan berkomunikasi, pemanfaatan TIK untuk belajar,
pemecahan masalah nyata, mandiri, pembangunan pengetahuan dan kolaborasi.
Pendidikan Untuk Generasi Z 79