Page 88 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 88

setempat. Potensi ini dapat berupa sekolah yang meliputi adanya kepala sekolah, guru dan
























                                                                                                                                                                                 peserta didik serta pihak-pihak yang berkepentingan dalam perancangan pendidikan ini.

























                                                                                                                                                                                 Memberdayakan kepala sekolah, guru dan peserta didik akan memberikan dampak bagi

























                                                                                                                                                                                 percepatan mutu pendidikan yang dimana mereka adalah bagian penting terjadinya proses
























                                                                                                                                                                                 pembelajaran yang berkualitas.  TIK adalah umpan yang sangat dibutuhkan agar proses

























                                                                                                                                                                                 pembelajaran  berjalan  semestinya.  Sehingga,  Kemendikbud  tidak  hanya  memberikan
























                                                                                                                                                                                 bantuan  TIK  tetapi  juga  memberikan  pelatihan  dan  pendampingan  agar  tujuan  ini  bisa

























                                                                                                                                                                                 berjalan.
























                                                                                                                                                                                                                                         Kemdikbud  hanya  berfunsi  sebagai  pembuka  kunci,  petunjuk,  dan  pendorong

























                                                                                                                                                                                 sehingga  guru  dan  kepala  sekolah  dapat  mengembangkan  dirinya  sendiri.  Setelah

























                                                                                                                                                                                 mendapatkan  bantuan  dan  pelatihan,  diharapkan  hendaklah  komponen  sekolah  terus
























                                                                                                                                                                                 merawat dan mengembangkan agar pemanfaatannya dapat terus berlangsung tanpa harus

























                                                                                                                                                                                 menunggu bantuan atau bimbingan lagi. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Kemendikbud ini

























                                                                                                                                                                                 tentu dirasakan oleh masyarakat luas, hal ini juga membuat ketertarikan bagi daerah lain
























                                                                                                                                                                                 untuk melakukan pendidikan 3T yang sama didaerah mereka. Sekolah yang berada di daerah

























                                                                                                                                                                                 3T akan mendapatkan perhatian serius, berkat adanya pemberdayaan yang komprehensif

























                                                                                                                                                                                 ini.  Sehingga  diharapkan  dapat  memotivasi  masyarakat  untuk  melanjutkan  pendidikan
























                                                                                                                                                                                 setinggi-tingginya, terkhusus anak-anak yang berada di daerah 3T dan memiliki jiwa dan

























                                                                                                                                                                                 semangat belajar tinggi sampai akhir hayat.

























                                                                                                                                                                                 Buttom up (tumbuh dari bawah)
























                                                                                                                                                                                                                                         Prinsip selanjutnya adalah tumbuh dari bawah. Maksudnya adalah program yang di

























                                                                                                                                                                                 buat  oleh  pemerintah  pusat  maupun  pemerintah  daerah,  haruslah  disesuaikan  dengan

























                                                                                                                                                                                 kondisi  real  yang  terjadi  dilapangan.  Sehingga  program  tersebut  akan  maksimal
























                                                                                                                                                                                 kebermanfaatannya.  Hal  ini  sering  kali  terjadi,  penulis  melihat  kadang  bantuan  yang

























                                                                                                                                                                                 diberikan itu bukanlah menjadi kebutuhan utama bagi suatu daerah, yang akhirnya program
























                                                                                                                                                                                 hanya tinggal program sebagai pelampiasan laporan saja. Namun esensialnya tidak ada

























                                                                                                                                                                                 bahkan menimbulkan beban bagi daerah tersebut. Oleh karena itu, program yang dibuat dan

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    77
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93