Page 86 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 86

dan memberikan kontribusi yang luar biasa. Artinya masyarakat dan peserta didik sama-
























                                                                                                                                                                                sama dapat menikmati CAP dalam kondisi tanpa ada batasan waktu, tempat, dan umur untuk

























                                                                                                                                                                                memperoleh ilmu pengetahuan. Informasi-informasi tentang pengetahuan tradisional yang

























                                                                                                                                                                                dibutuhkan  masyarakat  Indonesia  pun  mulai  tersedia  melalui  program  Warintek  Digital
























                                                                                                                                                                                Library. Sedangkan ilmu pengetahuan dengan khazanah yang lebih luas, diharapkan dapat

























                                                                                                                                                                                diperoleh melalui internet, sepanjang jaringan aksesnya memadai, dan kontennya tersedia
























                                                                                                                                                                                melalui situs-situs web di dunia maya.

























                                                                                                                                                                                                                                         Selain CAP, pemerintah juga mengembangkan Pusat Layanan Internet Kecamatan
























                                                                                                                                                                                (PLIK). Program ini dirancang dengan menyediakan akses internet bersubisidi di seluruh

























                                                                                                                                                                                wilayah Indonesia, baik dikota-kota, desa-desa terpencil dan biasanya berbentuk warung

























                                                                                                                                                                                internet. PLIK dilengkapi dengan VSAT (Very Small Aperture Terminal), sarana prasarana
























                                                                                                                                                                                seperti meja, kursi, dan bahkan juga ada notebook, UPS, DVD player, TV dan genset. VSAT

























                                                                                                                                                                                merupakan  teknologi  komunikasi  satelit  yang  memungkinkan  seluruh  tempat  untuk

























                                                                                                                                                                                mendapatkan akses internet tanpa kecuali. Dalam menjangkau sasaran yang lebih luas,
























                                                                                                                                                                                disediakan juga mobil PLIK (MPLIK) yang dilengkapi VSAT dan perlengkapan serta peralatan

























                                                                                                                                                                                lainya yang sama seperti halnya PLIK. MPLIK memungkinkan layanan ini dapat digunakan oleh

























                                                                                                                                                                                sekolah atau instansi pemerintah di daerah 3T.



















































                                                                                                                                            b) Prinsip-prinsip Perancangan TIK untuk Daerah 3T

























                                                                                                                                                                                                                                         Menurut UNESCO dalam memanfaatkan TIK untuk daerah 3T, ada hal-hal yang harus

























                                                                                                                                                                                diperhatikan; Pertama, TIK hendaklah menjadi bagian dari kebijakan rencana pembangunan
























                                                                                                                                                                                nasional.  Kedua,  kembangkan  kerjasama  pemerintah  dan  swasta  untuk  layanan  di

























                                                                                                                                                                                pedesaaan.  Ketiga,  bangun  kapasitas  bukan  hanya  infrastrukturnya  tetapi  juga  SDM.
























                                                                                                                                                                                Keempat,  program  TIK  perlu  didukung  oleh  riset  teknologi  tepat  guna,  dan  kelima,

























                                                                                                                                                                                kembangkan layanan dan konten lokal (dalam Warsihna, 2016).

























                                                                                                                                                                                                                                         Dalam hal pengembangan sistem pendidikan di daerah 3T, maka kita perlu merujuk
























                                                                                                                                                                                pada studi ASTD (American Society for Training Development) yang dapat menjadi bahan

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    75
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91