Page 78 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 78

memanfaatkan siaran TV pendidikan (TV Edukasi) dan Radio Pendidikan (Suara Edukasi).
























                                                                                                                                                                                                            Kedua media ini sangat efektif untuk mendapatkan materi yang sesuai dengan topik yang

























                                                                                                                                                                                                            diampu. Walaupun guru nanti sedikit bekerja dengan merekam, mendownload ataupun

























                                                                                                                                                                                                            mengunduh dari streaming dengan tujuan materi yang didapatkan dimedia tersebut
























                                                                                                                                                                                                            dapat digunakan sebagai referensi RPP dan sumber belajar yang dapat digunakan saat

























                                                                                                                                                                                                            guru mengajar. Sehingga dengan semua yang dilakukan itu, nantinya akan menghasilkan
























                                                                                                                                                                                                            RPP yang terintegrasi dengan TIK. Harapannya RPP setelah selesai dibuat, sebelum di

























                                                                                                                                                                                                            share kepada siswa di e-mail kepada kepala sekolah untuk dimintakan kritik, saran dan
























                                                                                                                                                                                                            akhirnya baru disetujui untuk diterapkan.

























                                                                                                                                                                         2) Pelaksanaan

























                                                                                                                                                                                                                                                                     Tahap  selanjutnya  adalah  pelaksanaan.  Dalam  tahapan  ini  guru  yang  sudah

























                                                                                                                                                                                                            membuat RPP akan mengimplementasikannya dalam proses belajar mengajar. Walaupun
























                                                                                                                                                                                                            nanti ketika implementasi ada yang sedikit tidak sesuai, maka hal tersebut tidaklah

























                                                                                                                                                                                                            masalah selagi masih mengikuti role RPP yang sudah guru buat. Misalnya, disekolah

























                                                                                                                                                                                                            tersebut hanya memiliki satu komputer, maka guru bertugas untuk mempresentasikan
























                                                                                                                                                                                                            materi  yang  telah  dia  siapkan.  Sementara  siswa  mengikuti  secara  aktif,  artinya

























                                                                                                                                                                                                            pembelajaran yang terjadi berpusat pada guru. Namun semua itu dapat dialihkan dengan
























                                                                                                                                                                                                            membuat kelompok dan siswa diminta untuk diskusi terkiat topik yang dibahas. Agar

























                                                                                                                                                                                                            pembelajaran berjalan dengan baik, maka guru mau tidak mau harus menyiapkan bahan

























                                                                                                                                                                                                            ajar yang sudah dicetak untuk dibagiakan. Artinya apa, pembelajaran sudah beralih
























                                                                                                                                                                                                            menjadi  pembelajaran  yang  berpusat  pada  siswa.  Intinya  guru  hasil  cepat  tanggap

























                                                                                                                                                                                                            melihat situasi dan kondisi yang terjadi.

























                                                                                                                                                                                                                                                                     Selanjutnya,  siswa  yang  sudah  dibentuk  kelompok  diajak  untuk  diskusi  lalu
























                                                                                                                                                                                                            diminta untuk menyampaikan gagasan atau hasil dari diskusi mereka. Bisa dalam bentuk

























                                                                                                                                                                                                            presentasi, dibacakan, ditulis dan sebagainya tergantung peralatan yang ada dikelas itu.
























                                                                                                                                                                                                            Itu jika guru hanya memiliki satu komputer, namun juga bisa dengan menayangkan video

























                                                                                                                                                                                                            atau  siaran  TV  Edukasi  secara  bersama-sama  dengan  guru.  Guru  pastinya  harus

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    67
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83