Page 65 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 65
pelajar melalui media dengan tempat berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh.
Tujuanya memudahkan terjadinya proses pembelajaran yang disepakati. Menurut Warsihna
(2019) pembelajaran jarak jauh adalah sebagai suatu bentuk pembelajaran mandiri yang
terorganisir secara sistematis, di mana penyajian materi pembelajaran, konseling,
penyelian dan
pemantauan
atau
pengawasan
atas
keberhasilan
siswa
Gambar 14. Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh dilakukan oleh
(Sumber: www.dara.co.id) tenaga pengajar yang memiliki
tanggungjawab penuh terhadap proses yang terjadi. Pembelajaran ini tidak akan terlaksana
tanpa menggunakan bantuan media, ya media TIK. Penulis merangkum bahwasanya, sistem
pendidikan jarak jauh ini mungkin dapat diterapkan dalam semua jenjang pendidikan, mulai
dari pendidikan dasar, menengah, atas dan bahkan perguruan tinggi yang terdapat di
Indonesia. Hal ini terbukti beberapa institusi juga sudah menerapkan PJJ, contohnya SMP
Terbuka dan Universitas Terbuka.
PJJ memiliki beberapa karakteristik, seperti yang dikemukakan oleh Keegan (1980)
dalam Warsihna (2019), sebagai berikut:
1) Sistem pendidikan jarak jauh menjadikan terpisahnya pengajar dan siswa.
2) Ada pengaruh dari suatu organsisasi pendidikan yang membedakannya dengan belajar
mandiri di rumah.
3) Menggunakan beragam media seperti media cetak, audio, video, komputer, atau
multimedia dalam rangka mempersatukan pengajar dan siswa dalam suatu interaksi
pembelajaran.
54 Pendidikan Untuk Generasi Z