Page 65 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 65

pelajar melalui media dengan tempat berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh.
























                                                                                                             Tujuanya memudahkan terjadinya proses pembelajaran yang disepakati. Menurut Warsihna

























                                                                                                             (2019) pembelajaran jarak jauh adalah sebagai suatu bentuk pembelajaran mandiri yang

























                                                                                                             terorganisir  secara  sistematis,  di  mana  penyajian  materi  pembelajaran,  konseling,
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        penyelian  dan

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             pemantauan
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        atau

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             pengawasan
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         atas

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         keberhasilan

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               siswa





























                                                                                                                                                                Gambar 14. Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            dilakukan  oleh




















                                                                                                                                                                                                                               (Sumber: www.dara.co.id)                                                                                                                                                                                                                                                       tenaga  pengajar  yang  memiliki

























                                                                                                             tanggungjawab penuh terhadap proses yang terjadi. Pembelajaran ini tidak akan terlaksana
























                                                                                                             tanpa menggunakan bantuan media, ya media TIK. Penulis merangkum bahwasanya, sistem

























                                                                                                             pendidikan jarak jauh ini mungkin dapat diterapkan dalam semua jenjang pendidikan, mulai

























                                                                                                             dari  pendidikan  dasar,  menengah,  atas  dan  bahkan  perguruan  tinggi  yang  terdapat  di
























                                                                                                             Indonesia. Hal ini terbukti beberapa institusi juga sudah menerapkan PJJ, contohnya SMP

























                                                                                                             Terbuka dan Universitas Terbuka.
























                                                                                                                                                                      PJJ memiliki beberapa karakteristik, seperti yang dikemukakan oleh Keegan (1980)

























                                                                                                             dalam Warsihna (2019), sebagai berikut:
























                                                                                                             1)                                  Sistem pendidikan jarak jauh menjadikan terpisahnya pengajar dan siswa.

























                                                                                                             2) Ada pengaruh dari suatu organsisasi pendidikan yang membedakannya dengan belajar

























                                                                                                                                                 mandiri di rumah.
























                                                                                                             3) Menggunakan  beragam  media  seperti  media  cetak,  audio,  video,  komputer,  atau

























                                                                                                                                                 multimedia dalam rangka mempersatukan pengajar dan siswa dalam suatu interaksi

























                                                                                                                                                 pembelajaran.




























































                                                               54                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Pendidikan Untuk Generasi Z
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70