Page 60 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 60
TIK sebagai sumber belajar sebenarnya sudah dibahas pada jenjang SD. Namun
dalam tingkatan SMP, penerapan TIK sumber belajar dengan lebih kongkrit, dimana siswa
diajak langsung untuk terlibat dalam penggunaan media TIK. Misalnya komputer, pesawat TV
dan media lainnya. Guru dan siswa akan memanfaatkan siaran TV edukasi atau
memungkinkan menggunakan VCD/DVD. Nah siswa disini diharapkan untuk bertindak aktif
dan guru sebagai fasilitator. Proses pembelajaran tingkat SMP akan berjalan lebih baik jika
guru dibantu dengan alat yang berbasis TIK. Misalnya guru menginstruksikan siswa untuk
mencatat materi pelajaran yang sudah diajari. Nah, ketika siswa sudah paham dalam
menggunakan TIK mereka tidak akan sungkan lagi untuk mencatat rangkuman penting dan
langsung mengkopi file yang dimiliki gurunya. Inilah pembeda penerapan TIK tingkat SD
dengan SMP. Siswa tingkat SMP diajak untuk terlibat langsung dalam menggunakan media
TIK, bahkan guru dapat menaruh file tersebut di blog dan siswa mengunduhnya atau
mengirimkan melalui email kepada siswa. Sistem ini sangat positif bagi siswa dan sudah
dilakukan oleh sebagaian guru di kota Pontianak. Kehadiran TIK disadari atau tidak sudah
memberikan warna bagi dunia pendidikan dan patut diterapkan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwasanya kebijakan
Dinas Pendidikan kota Pontianak dan Kepala SMP Negeri yang mendukung penuh
pemanfaatan TIK untuk pendidikan perlu diapresiasi. Bahkan pemerintah kabupaten dan kota
lain di Indonesia juga dapat menerapkan kebijakan tersebut. Namun, semua itu dapat
terealisasi lebih komprehensif jika diberikan dukungan berupa pelatihan, infrastruktur,
materi pembelajaran, dan penerimaan PNS baru yang mahir TIK di sekolah.
b) Bentuk Dukungan Terealisasinya TIK di SMP
TIK memang memiliki berbagai manfaat dalam menunjang pendidikan, terutama
untuk tingkat pendidikan SMP. Adanya TIK secara tidak langsung akan meningkatkan hasil
belajar siswa dan mempermudah proses belajar antara guru, murid, dan orang tua. Dalam
mencapai tujuan tersebut, tentu perlu direalisasikan dalam bentuk dukungan. Sebelumnya
penulis sudah menjelaskan kebijakan pemanfaatan TIK di SMP dengan contoh kasus di SMP
Pendidikan Untuk Generasi Z 49