Page 56 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 56

belajar lainnya. Berbagai sumber belajar tersebut harus dapat dimanfaatkan oleh guru
























                                                                                                                                                                                                            maupun siswa secara lengkap dan terintegrasi untuk mencapai tujuan yaitu dengan cara

























                                                                                                                                                                                                            memahami,  mengeksplorasi,  mengevaluasi,  dan  menjelaskan  pengetahuan  yang

























                                                                                                                                                                                                            diajarkan. Siswa dituntut untuk aktif dalam proses ini, maka sumber belajar dikemas
























                                                                                                                                                                                                            sebaik mungkin sesuai dengan gaya belajar mandiri siswa. Dengan begitu, ketika siswa

























                                                                                                                                                                                                            berangkat ke sekolah otomatis sebelumnya sudah mempelajari materinya di rumah,
























                                                                                                                                                                                                            kemudian di sekolah ketika bertemu dengan guru dan teman-temanya akan diajak untuk

























                                                                                                                                                                                                            berdiskusi,  bertanya,  atau  mengkonfirmasi  pengetahuan  yang  sudah  dipelajarinya
























                                                                                                                                                                                                            dirumah.

























                                                                                                                                                                                                                                                                     Namun penjelasan diatas ketika kondisi ideal yang terjadi, tetapi kalau kondisinya

























                                                                                                                                                                                                            belum memungkinkan, misalnya satu komputer/leptop saja dan dibantu dengan LCD
























                                                                                                                                                                                                            projector, maka seorang guru masih bisa menayangkan materi pembelajaran dengan

























                                                                                                                                                                                                            baik, selama RPP sudah diramu atau bahasa kerennya diintegrasikan dengan TIK, masih

























                                                                                                                                                                                                            bisa dijadikan sumber belajar. Kondisi lainnya bisa terjadi, kalau disekolah betul-betul
























                                                                                                                                                                                                            mengalami kesulitan mendapatkan sumber belajar, maka guru dapat memanfaatkan

























                                                                                                                                                                                                            lingkungan sekitar sebagai media belajar dam sumber belajar. Pembelajaran seperti ini

























                                                                                                                                                                                                            tidak harus terjadi di dalam kelas, tetapi dapat diterapkan di mana saja. Intinya guru SD
























                                                                                                                                                                                                            dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran sehingga tujuan dari

























                                                                                                                                                                                                            kurikulum  2013  dapat  tercapai  dengan  baik.  Guru  harus  bisa  memodifikasi  model
























                                                                                                                                                                                                            pembelajaran  sesuai  kondisi  dan  keadaan  yang  terjadi  di  sekolah.  Kreativitas  guru

























                                                                                                                                                                                                            merupakan kunci keberhasilan pembelajaran berbasis TIK. Itulah esensial utama model
























                                                                                                                                                                                                            pembelajaran TIK yang dapat dilakukan oleh guru dalam rangka meningkatkan mutu

























                                                                                                                                                                                                            pembelajaran terkhusus di pendidikan dasar.












































































































































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    45
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61