Page 55 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 55
mempresentasikan di kelas, dan kalau perlu di emai kepada guru dan teman-temannya.
Tentu semua itu tergantung kesepakatan bersama, apakah semuanya dilakukan atau
salah satu saja.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup ini, ada 2 tahapan yang harus dilakukan oleh seorang guru
SD yaitu:
1. Refleksi
Perkembangan zaman menuntut setiap profesi harus memiliki komptensi dalam
melaksanakan pekerjaannya secara maksimal melalui perkembangan TIK, dengan
harapan hasilnya akan optimal. Hasil yang optimal diperoleh ketika guru menmiliki empat
kompetensi yaitu kompetensi pedagogis, personal, sosial dan profesional. Kompetensi
tersebut dapat dicapai jika guru mempu mengiringi dengan kemampuan kompetensi TIK.
Kompetensi TIK disini menekankan pada kemampuan untuk menggunakan perangkat TIK
dalam meningkatkan kemampuan pribadi dalam mencapai tujuan sosial, serta
melaksanakan tugas pembelajaran yang muaranya pada meningkatkan profesionalitas
guru. Mengingat tugas utama guru yaitu mampu mengelola pembelajaran, maka
pembelajarannya itu perlu diintegrasikan dengan TIK sebagai sumber belajar.
Pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK dapat dilaksanakan terbimbing dan mandiri
oleh guru.
2. Konfirmasi
Kurikulum 2013 sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada kurikulum
ini lebih menekankan pada pendekatan saintifik berbasis kompetensi jika didukung
dengan berbagai sumber belajar. Sumber belajar tersebut agar diterima dengan baik
tentu harus komprehensif dijelaskan memalui media pembelajaran berdasarkan kondisi
siswa. Sumber belajar yang dimaksud berupa buku pegangan, audio dari siaran radio,
video dari siaran TV, animasi, simulasi, internet, buku referensi dan berbagai sumber
44 Pendidikan Untuk Generasi Z