Page 55 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 55

mempresentasikan di kelas, dan kalau perlu di emai kepada guru dan teman-temannya.
























                                                                                                                                                                   Tentu semua itu tergantung kesepakatan bersama, apakah semuanya dilakukan atau

























                                                                                                                                                                   salah satu saja.




















































                                                                                                                               Kegiatan Penutup
























                                                                                                                                                                                        Dalam kegiatan penutup ini, ada 2 tahapan yang harus dilakukan oleh seorang guru

























                                                                                                                               SD yaitu:

























                                                                                                                       1.                                  Refleksi
























                                                                                                                                                                                                                    Perkembangan zaman menuntut setiap profesi harus memiliki komptensi dalam

























                                                                                                                                                           melaksanakan  pekerjaannya  secara  maksimal  melalui  perkembangan  TIK,  dengan
























                                                                                                                                                           harapan hasilnya akan optimal. Hasil yang optimal diperoleh ketika guru menmiliki empat

























                                                                                                                                                           kompetensi yaitu kompetensi pedagogis, personal, sosial dan profesional. Kompetensi

























                                                                                                                                                           tersebut dapat dicapai jika guru mempu mengiringi dengan kemampuan kompetensi TIK.
























                                                                                                                                                           Kompetensi TIK disini menekankan pada kemampuan untuk menggunakan perangkat TIK

























                                                                                                                                                           dalam  meningkatkan  kemampuan  pribadi  dalam  mencapai  tujuan  sosial,  serta

























                                                                                                                                                           melaksanakan tugas pembelajaran yang muaranya pada meningkatkan profesionalitas
























                                                                                                                                                           guru.  Mengingat  tugas  utama  guru  yaitu  mampu  mengelola  pembelajaran,  maka

























                                                                                                                                                           pembelajarannya  itu  perlu  diintegrasikan  dengan  TIK  sebagai  sumber  belajar.
























                                                                                                                                                           Pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK dapat dilaksanakan terbimbing dan mandiri

























                                                                                                                                                           oleh guru.

























                                                                                                                       2. Konfirmasi
























                                                                                                                                                                                                                    Kurikulum 2013 sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada kurikulum

























                                                                                                                                                           ini  lebih  menekankan  pada  pendekatan  saintifik  berbasis  kompetensi  jika  didukung
























                                                                                                                                                           dengan berbagai sumber belajar. Sumber belajar tersebut agar diterima dengan baik

























                                                                                                                                                           tentu harus komprehensif dijelaskan memalui media pembelajaran berdasarkan kondisi

























                                                                                                                                                           siswa. Sumber belajar yang dimaksud berupa buku pegangan, audio dari siaran radio,
























                                                                                                                                                           video dari siaran TV, animasi, simulasi, internet, buku referensi dan berbagai sumber




























































                                                                   44                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60