Page 61 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 61

Negeri yang berada di kota Pontianak. Kebijakan tersebut, tentu perlu direalisasikan dengan
























                                                                                                             bentuk dukungan diberikan, antara lain berupa penerimaan PNS yang memiliki kemampuan

























                                                                                                             dalam menggunakan TIK, adanya pelatihan, ketersedian infrastruktur, dan memiliki materi

























                                                                                                             pembelajaran. Adapun penjelasan mengenai bentuk dukungan tersebut, sebagai berikut:
























                                                                                                                    1.                                  Infrastruktur

























                                                                                                                                                                                                                 Infrastruktur bagian terpenting dalam menerapkan TIK berbasis pendidikan

























                                                                                                                                                        sehingga  dinas  pendidkan  setempat  dan  kepala  sekolah  harus  memenuhi  dan
























                                                                                                                                                        melengkapi infrastruktur tersebut. Infrastruktur TIK untuk pelajaran yang dipenuhi

























                                                                                                                                                        akan menarik antusias guru dan siswa. Walaupun infrastruktur TIK tersebut banyak

























                                                                                                                                                        dan  beragam,  namun  harus  dipenuhi  demi  keberlangsungan  pembelajaran  yang
























                                                                                                                                                        berkualitas  serta  sesuai  cita-cita  bersama.  Insfrastruktur  utama  yang  harus

























                                                                                                                                                        disediakan  kepala  sekolah  adalah  kebutuhan  akan  komputer,  LCD,  dan  jaringan
























                                                                                                                                                        internet. Kalau perlu menganjurkan guru dan siswa memiliki leptop, namun kalaupun

























                                                                                                                                                        tidak ada tentu ini menjadi tanggungjawab dinas pendidikan untuk pengadaan komputer

























                                                                                                                                                        dan  nantinya  sekolah  juga  menyediakan  wifi  dan  LCD.  Kalau  semua  infrastruktur
























                                                                                                                                                        tersebut tersedia, maka tugas guru adalah menyebarkan materi presentasi, membuat

























                                                                                                                                                        materi presentasi semenarik mungkin dan akhirnya disimpan dalam sebuah server
























                                                                                                                                                        dimana semua siswa dapar mengakses sebelum pembelajaran dimulai.

























                                                                                                                                                                                                                 Selain itu, karya-karya siswa juga dapat disimpan di server. Sehingga setiap

























                                                                                                                                                        hari, minggu, bulan, dan tahun isi server terus bertambah dan selalu dapat diperbaiki
























                                                                                                                                                        sesuai perkembangan dan kebutuhan. Semua  stakeholder pendidikan sadar bahwa

























                                                                                                                                                        infrastruktur  TIK  untuk  pendidikan  sangat  penting.  Oleh  karena  itu,  perlu sebuah

























                                                                                                                                                        kebijakan  yang  nyata  untuk  memenuhi  kebutuhan  tersebut.  Setelah  infrastruktur
























                                                                                                                                                        tersedia, tahapan selanjutnya adalah menyediakan SDM yang mampu mengoperasikan,

























                                                                                                                                                        mengelola,  dan  memanfaatkan  untuk  menunjang  proses  pembelajaran  agar  lebih
























                                                                                                                                                        optimal.























































































                                                               50                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Pendidikan Untuk Generasi Z
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66