Page 46 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 46
1. Pendahuluan
Menilik dan membaca sebuah Opini dan Cerita yang disampaikan oleh Syarif Yunus di
Kumparan.com terbit 2 Mei 2020, menggelitik hati dan pikiran kita. Mengapa tergelitik? Dalam
opini tersebut, Yunus S, mengatakan bahwa:
“Di era revolusi industri 4.0 ini, hampir semua peradaban
manusia telah berubah. Di era digital, perilaku manusia pun sudah
berubah. Bahkan saat wabah Covid-19 seperti sekarang, semua
orang pun dituntut berubah.”
Hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa saat ini Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) menjadi sangat maju dan telah berkembang pesat dalam segala sendi
kehidupan kita, terkhusus bagi bangsa Indonesia. Salah satu sendi yang sangat penting dan
menjadi kebutuhan hajat orang banyak adalah memperoleh pendidikan yang berkualitas.
Pendidikan yang berkualitas tentu harus merata dari Sabang sampai Marauke dan menjadi tugas
dari pemerintah selaku pengambil kebijakan. Adapun kebijakan pemerintah pusat yaitu
mendorong staf pengajar atau guru dan peserta didik untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan
TIK dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Kebijakan ini rupanya disambut baik oleh
pemerintah daerah mulai dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh
Indonesia, termasuk para guru dan peserta didik. Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota
melalui Dinas Pendidikan setempat saling bahu-membahu demi terealisasi pemanfaatan TIK
disekolah.
Keberadaan TIK juga telah menjadi bagian dalam strategi utama pemerintah yaitu
Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia atau disingkat dengan
MP3EI. Starategi ini adalah suatu konektivitas dan penguatan SDM serta IPTEK Nasional, untuk
mewujudkan visi Indonesia 2025, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju,
Pendidikan Untuk Generasi Z 35