Page 190 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 190

lmp/ementasi Coad Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka


                                    1)  mendokumentasi  semua  jenis  keluhan  pelanggan  yang
                                       diterima  melalui  form  laporan  keluhan  pelanggan,  e-mail
                                       (dicetak), surat keluhan, dan/atau telepon (dicatat);
                                    2)  mengonfirmasi  kejelasan  deskripsi  keluhan  dan  informasikan
                                       target  waktu  penyelesaian  yang  tercatat  di  dalam  daftar
                                       keluhan,
                                    3)  menyelesaikan  keluhan  pelanggan  menyelidiki  &  melakukan
                                       tindakan  penanganan  keluhan  pelanggan  sesuai  Prosedur
                                       Penanganan  Kasus  yang  ada  untuk  setiap  jenis  keluhan
                                       (registrasi,  tutorial,  bahan  ajar,  ujian,  dll)  baik di  tingkat  UPBJJ
                                       atau  UT-Pusat,
                                    4)  mengonfirmasi  penyelesaian  kepada  pelanggan  terkait  dan
                                       update  status  penyelesaian  keluhan  dalam  dokumen  Daftar
                                        Keluhan,
                                    5)  membuat  Rekap  Keluhan  Pelanggan  per  bulan  dengan
                                        mengidentifikasi  keluhan  yang  dominan,  dan  mengirimkan
                                       copy  Rekap  keluhan  ke  Pusmintas  untuk  direkap  secara
                                        keseluruhan,
                                    6)  melakukan  evaluasi  umum  melalui  rapat  r  dan  menentukan
                                        prioritas  tindakan  perbaikan  berdasarkan  dokumen  dan  daftar
                                        PTPP,  dengan  mempertimbangkan  keseriusan  &  frekuensi
                                        masalah  serta  ketersediaan  sumber  daya  di  UPBJJ  untuk
                                        perbaikan.

                                g.  Penge/o/aan Sumber Daya Manusia (SDM)

                                    Pengelolaan  SDM  mencakup  implementasi  pemberdayaan   dan
                                    pengembangan  pegawai  sebagai  SDM,  dan  pengelolaan  disiplin
                                    pegawai.
                                    Pemberdayaan  dan  pengembangan  pegawai  dimaksudkan  sebagai
                                    proses,  cara,  aktivitas  pengembangan  kompetensi,  perencanaan
                                    pemenuhan,  realisasi  pemenuhan  dan  evaluasi  efektivitas tindakan
                                    pemenuhan    kebutuhan   pengembangan    kompetensi   SDM.
                                    Tujuannya  adalah  memastikan  tingkat  kompetensi  pegawai  dapat
                                    mengikuti  perkembangan  kebutuhan  proses/pekerjaan,  memiliki
                                    kompetensi  rangkap  sehingga  mampu  berperan  secara  optimal
                                    sesuai  dengan  tugas  pokok  dan  fungsi  (tupoksi)  masing-masing





                                                                                           181
   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195