Page 191 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 191
lmplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
dalam rangka peningkatan efektivitas sistem manajemen mutu UT
demi meningkatkan layanan registrasi, distribusi bahan ajar,
bantuan belajar, evaluasi hasil belajar, dan administrasi kelulusan.
Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan
kesesuaian kompetensi karyawan dengan persyaratan kerja diukur
berdasarkan jumlah karyawan dengan kompetensi yang sesuai.
lmplementasi pemberdayaan dan pengembangan pegawai sebagai
SOM di UPBJJ dilakukan melalui berbagai cara, aktivitas dan
tahapan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di UT
sebagai berikut.
Pertama, sosialisasi berbagai ketentuan dan prosedur
pemberdayaan dan pengembangan pegawai. Sosialisasi dilakukan
setiap waktu, terutama jika ada peraturan/ketentuan baru tentang
pemberdayaan dan pengembangan SOM, dalam bentuk pertemuan
tatap muka, penyebaran dokumen prosedur, petunjuk kerja, dan
borang-borang yang diperlukan. Bahan/materi sosialisasi meliputi:
(a) prosedur pengembangan kompetensi SOM; (b) petunjuk kerja
pengelolaan pelatihan; (c) borang-borang kerja yang dibutuhkan
selama sosialisasi.
Kedua, pembentukan Tim Pengembangan Kompetensi SOM, yang
dibentuk terintegrasi di dalam Gugus Tugas Audit ISO UPBJJ.
Berdasarkan kebijakan mutu UPBJJ yang dirumuskan oleh
Pusmintas-UT (2007) yaitu mengembangkan SOM UT yang
berkompetensi rangkap sehingga mampu berperan secara optimal,
terintegrasi, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan dalam
menunjang pelaksanaan kegiatan secara efektif, Tim merumuskan
multi kompetensi bagi SOM UPBJJ, yaitu:
1) kompetensi manajerial, berkenaan kompetensi manajemen
tutorial berdasarkan Sistem Manajemen Tutorial Berkualitas
(Quality Tutoring Management System), dan manajemen
tutor/supervisor;
2) kompetensi teknis, berkenaan dengan kemampuan
penguasaan pengetahuan teknologi dasar; akses teknologi;
pemanfaatan apl ikasi komputer dalam penanganan berbagai
jenis dan tingkat layanan administrasi dan akademik
mahasiswa; penggunaan dan pemanfaatan teknologi
pembelajaran seperti Computer-Assisted Instruction (CAI),
182