Page 192 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 192

lmp/ementasi Good Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                       Computer-Managed  Instruction  (CMI),  Computer-Mediated
                                        Education  (CME), dan  E-Skills;
                                    3)  kompetensi  profesional,   berkenaan   dengan   kompetensi
                                       melakukan evaluasi  bahan ajar,  penulisan desain  pembelajaran
                                        untuk  tutorial  tatap  muka  dan/atau  on-line  berbasis  internet,
                                        suplemen  modul,  bimbingan  dan  konseling  mahasiswa  secara
                                       tatap  muka  dan/atau  jarak  jauh,  penguasaan  pengetahuan
                                       tentang  konten  internet,  partisipasi  dalam  seminar,  konferensi,
                                        lokakarya, dan  berbagai aktivitas profesional  lainnya;
                                    (4)  kompetensi  kepribadian/personal,  interpersonal,  klinis,  dan
                                       sosial,  berkenaan  dengan  kemampuan  layanan  bimbingan dan
                                        konseling  administrasi  dan  akademik,  membangun  kesadaran
                                        kesejawatan  dengan  sesama  kolega  dan  masyarakat  luas,
                                        komunikasi  akademik dan  sosial  dengan  berbagai  stake holder
                                        dalam  SPJJ  (cf.  Farisi,  2008;  Berryman,  et  al.  2004;  APA  Task
                                        Force,  2002; Thach,  & Murphy,  1995). Multi-kompetensi SOM-
                                        UPBJJ  ini  diharapkan  mampu  mendukung  struktur  tugas  dan
                                        kewenangan  SOM  di  UPBJJ,  yang  mencakup:  pengelolaan
                                        sumber  daya  dan  jalinan  kemitraan  dengan  berbagai  institusi
                                        mitra   UPBJJ   di   wilayah   jangkauannya;   pengelolaan
                                        tutor/supervisor;  pengelolaan  tutorial;  pengelolaan  layanan
                                        bahan   ajar;   pengelolaan   bimbingan   dan   konseling;
                                        pengembangan profesi  ((cf.  Farisi,  2008).
                                    Ketiga,  realisasi  pengembangan  kompetensi  SOM  dan  pengelolaan
                                    pelatihan,  dengan  langkah-langkah:  1)  identifikasi  kebutuhan
                                    pengembangan  kompetensi  SOM  sesuai  persyaratan  kompetensi,
                                    penilaian  kinerja  dan  evaluasi  efektivitas  training;  2)  perencanaan
                                    pengembangan  SOM  dengan  mempertimbangkan  kebutuhan
                                    terencana  dan  kemungkinan  kebutuhan  insidental,  3)  fasilitasi
                                    pelaksanaan  pendidikan/pelatihan  sesuai  dengan  petunjuk  kerja
                                    pengelolaan  pelatihan,  pengelolaan  Seminar  di  tingkat  institusi,
                                    nasional   dan/atau   internasional,   dan   4)   update   riwayat
                                    pengembangan kompetensi  pegawai.
                                    Keempat,  monev efektivitas  pendidikan/pelatihan  untuk  mengukur
                                    ketercapaian  pencapaian  target  yang ditetapkan.  Hal  itu  dilakukan
                                    bersamaan  dengan  penilaian  kinerja  pegawai  dan  dilaporkan  ke
                                    PPSOM-UT.  Hasil  monev  dijadikan  dasar  untuk  melakukan  reviu




                                                                                           183
   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197