Page 187 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 187

lmplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                                   e.  Pengelolaan /alinan  Kerja sama

                                       UT  sebagai  PTJJ  didesain  berdasarkan  paradigma  "a  networking-
                                       based  university  or  a  management  university",  yaitu   sebuah
                                       universitas  yang  harus  mampu  mengelola  berbagai  sumber  daya
                                       yang  tersedia  dalam  menyediakan  layanan  pendidikan  tinggi
                                       berkualitas melalui  manajemen jalinan/jaringan  kerja sama  dengan
                                       berbagai  lembaga/institusi  pemerintah  dan/atau  swasta  di  tingkat
                                       lokal,  nasional  maupun  internasional.  Pengelolaan  jalinan/jaringan
                                       kerja  sama  ini  berkenaan  dengan  pemanfaatan  dan  pemberdayaan
                                       berbagai  sumber  potensial  dan  efektif  yang  dimiliki  dan  tersedia
                                       pada  mitra  UT  bagi  kepentingan  penyediaan  dan  pengembangan
                                       layanan  pendidikan prima dan  berkualitas (UT,  2008a).
                                       Sejalan  dengan  grand  design  UT  tersebut,  UPBJJ  di  dalam
                                      menjalankan fungsinya sebagai  jaringan  institusional  UT di daerah,
                                      juga   dikembangkan   berdasarkan   prinsip  "networking-based

                                      regional  centers".  Maksudnya,  bahwa  UPBJJ  sebagai  institusi
                                      internal  UT  di  tingkat  lokal/regional  perlu  didukung  dan
                                      dikembangkan  berdasarkan  kemitraan  kerja  yang  baik  dan  luas
                                      dengan  setiap  institusi  di  daerah  (pendidikan  tinggi  negeri/swasta,
                                      lembaga  pemerintah,  dan  organisasi/lembaga  swasta)  secara  luas,
                                      berdasarkan  prinsip  "a  mutual  trust  and  benefits  to  all  parties
                                      involved"  untuk  meningkatkan  kualitas  layanan  pendidikan  jarak
                                      jauh yang tersedia.
                                      Oleh  karena  itu,  efektivitas  pengelolaan  jalinan  kerja  sama  ini
                                      membutuhkan    dua   hal   pokok:   1)   akurasi   perencanaan,
                                      implementasi,  monitoring,  evaluasi,  dan  pengembangan  kualitas
                                      program kerja sama  yang konsisten dengan ketentuan, prosedur dan
                                      prinsip  pengimplementasian  Simintas  (Riana,  Zuhairi,  &  Maria,
                                      2006);  2)  kesetaraan  reputasi  dan  kepemilikan  kualitas,  program,
                                      layanan,  sistem  pendidikan,  dan  kultur  organisasi  akademik
                                      dengan  kualitas  yang  sebanding  (Suparman  &  Suhairi,  2007).
                                      Kedua  aspek  strategis  dalam  pengelolaan  jalinan  kerja  sama  efektif
                                      ini  sangat  penting,  karena  salah  satu  isu  kritis  dalam  pengelolaan
                                      PJJ  adalah  keniscayaan  bahwa  jalinan  kerja  sama  yang  ada  harus
                                      mampu mendukung kebutuhan  dan  komitmen  institusi  untuk terus
                                      meningkatkan    kualitas   layanan   pendidikannya   secara
                                      berkesinambungan,  dalam  akses  berbagai  kebutuhan  studi  dan




                               178
   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192