Page 182 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 182

lmp/ementasi Coad Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                                    4)  Dilakukan  monev  dan  penyusunan  hasil  distribusi  BA  kepada
                                        pokjar/mahasiswa  berdasarkan  rekap  tanda  terima  BA  oleh
                                        mahasiswa;
                                    5)  Manajemen  UPBJJ  melakukan  evaluasi  melalui  rapat  dan
                                        menentukan   pnontas   tindakan   perbaikan   berdasarkan
                                       dokumen  dan  daftar  PTPP,  dengan  mempertimbangkan
                                        keseriusan  & frekuensi  masalah  serta ketersediaan  sumber daya
                                        di UPBJJ  untuk perbaikan  layanan  bahan ajar selanjutnya.
                                    Mulai  tahun  2008.2,  layanan  pembelian  bahan  ajar  lewat  e-book
                                    store  mulai  dibuka.  Seiring  dengan  itu,  layanan  penjualan  bahan
                                    ajar  di  UPBJJ  mulai  ditutup.  Hal  ini  sedang  dicarikan  upaya
                                    pemecahannya  supaya  fokus  kepada  layanan  pelanggan   terus
                                    terjaga.


                                c.   Pengelolaan Layanan Ujian
                                    Pengelolaan  layanan  ujian di  UPBJJ  mencakup:
                                    a.   pengelolaan  pelaksanaan  ujian  akhir  semester  (UAS),  mulai
                                        dari  persiapan sumber daya dan  lokasi  ujian, pelaksanaan  ujian
                                        dan  penanganan  berkas  hasil  ujian akhir semester  (UAS)  setiap
                                        semester  di  seluruh  wilayah  jangkauan  UPBJJ,  sesuai  dengan
                                        ketentuan,   petunjuk   kerja   dan   prosedur  yang   sudah
                                        dirumuskan  oleh  Pusmintas  UT  (Pusmintas,  2007).  Tujuan
                                        pengelolaan  ini  adalah  untuk  memastikan  bahwa  semua
                                        mahasiswa  yang  teregistrasi  di  UPBJJ  dan  mempunyai  kartu
                                        tanda peserta ujian (KTPU) dapat mengikuti ujian sesuai  jadwal
                                        dan  persyaratan;  bahwa  berkas  ujian  lengkap  dan  dapat
                                        diproses lebih lanjut;
                                    b.  pengelolaan   laporan   praktik/praktikum   di   UPBJj-Sentra,
                                        mencakup  pengelolaan  laporan  hasil  praktik  mahasiswa  di
                                        UPBJJ    sentra   mulai   dari   penerimaan    laporan,
                                        pengadministrasian  laporan,  pemeriksaan  laporan  hingga
                                        pengiriman  rekapitulasi  nilai  ke  Pusat  Pengujian  (Pusjian),
                                        sesuai  dengan  ketentuan,  petunjuk  kerja  dan  prosedur  yang
                                        ada.  Tujuan  pengelolaan  ini  adalah  mendapatkan  nilai  hasil
                                        praktik (dalam  bentuk laporan  praktik)  tiap peserta yang akurat
                                        dan tepat waktu;




                                                                                           173
   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186   187