Page 185 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 185
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
1) petunjuk Kerja persiapan sebelum dan sesudah ujian;
pemeriksaan keabsahan hasil ujian; pemeriksaan hasil ujian
uraian; penanganan pelanggaran tata tertib pemeriksaan; daftar
UPBJJ sentra dan UPBJJ jangkauan; kriteria pemeriksa hasil
ujian uraian dan TAP;
2) format-format tentang rekapitulasi peserta ujian; bukti serah
terima BJU; penilaian hasil ujian uraian; daftar nilai ujian
uraian; format rekap jumlah BJU per UPBJJ Sentra; berita acara
pemeriksaan hasil ujian uraian; surat pernyataan jaga rahasia;
daftar pemeriksa hasil ujian uraian;
3) bukti serah terima BJU dari PJLU ke PJTU; dari PJLU ke KRP;
berkas periksa hasil ujian uraian; hasil periksa ujian uraian;
4) lembar kontrol kasus administrasi ujian akhir semester, dan
proses BJU.
lmplementasi seluruh pengelolaan layanan ujian di UPBJJ tersebut
merupakan dasar bagi manajemen UPBJJ untuk melakukan evaluasi
melalui rapat dan menentukan prioritas tindakan perbaikan
berdasarkan dokumen dan daftar PTPP, dengan
mempertimbangkan keseriusan & frekuensi masalah serta
ketersediaan sumber daya di UPBJJ untuk perbaikan pengelolaan
layanan ujian selanjutnya.
Dengan prosedur tersebut, kasus mahasiswa yang ujian lupa tanda
tangan atau keliru mengisikan identitas pribadi dapat lebih
diminimalkan.
d. Pengelolaan Administrasi Lulusan
Pengelolaan administrasi kelulusan mencakup pengelolaan
dokumentasi data kelulusan mahasiswa (SK Rektor tentang
Penetapan Lulusan UT), rekapitulasi daftar lulusan, Formulir
Permintaan/Penyerahan Pas Foto; Formulir Pendaftaran Wisuda;
Tanda Bukti Setor Wisuda/UPl/Pengambilan ljazah!franskrip/Akta;
Daftar Peserta Wisuda; pengarsipan dan penyelesaian penyerahan
sertifikasi (ijazah, sertifikat, dan transkrip) kepada mahasiswa yang
telah lulus dan tidak dapat mengikuti Wisuda di UT Pusat secara
tepat waktu dan akurat di dalam Buku Besar ljazah.
176