Page 181 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 181

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka



                                   b.  Penge/olaan Layanan Bahan Ajar
                                       Pengelolaan  layanan  bahan  ajar  mencakup  pengelolaan  distribusi
                                       bahan  ajar  (BA)  dan  bahan  kelengkapan  akademik  (BKA)  cetak
                                       maupun  noncetak  di  UPBJJ  mulai  dari  perencanaan  kebutuhan,
                                       pemesanan,  penerimaan,  penataan,  penjualan/pendistribusian,
                                       hingga  monitoring  ketersediaan/penerimaannya,  untuk  semua
                                       program   Pendas  dan  Nonpendas.  Sejalan  dengan  kebijakan  UT
                                       Pusat,  mulai  masa  registrasi  2008.2  pembelian  BA  untuk  program
                                       Nonpendas  dilakukan  dengan  pemesanan  melalui  e-book  store,
                                       dan  UPBJJ  memfasilitasi  para  mahasiswa  dan  pengguna  jasa
                                       layanan  bahan  ajar  UT  dengan  kemudahan  kebutuhan  akses
                                       internet di ruang komputer UPBJJ.
                                       Sasaran  pengelolaan  layanan  bahan  ajar  adalah  meningkatkan
                                       ketepatan  waktu  penerimaan  BA  oleh  mahasiswa   Pendas  diukur
                                       berdasarkan  jumlah  kasus  pengiriman  tepat  waktu  vs  jumlah
                                      pengiriman  per  semester.  Untuk  mencapai  sasaran  tersebut,
                                       pengelolaan  layanan  bahan  ajar  di  UPBJJ  dilaksanakan  sesuai
                                      dengan ketentuan dan prosedur sebagai  berikut.
                                       1)  KBBLBA  menyusun  perencanaan  penyediaan  dan  distribusi
                                          BNBKA  kepada  mahasiswa  per  pokjar/kabko.  Perencanaan
                                          didasarkan  pada  jumlah dan/atau  permintaan  mahasiswa,  hasil
                                          pengecekan  sisa  BA  di  unit  LBA-UPBJJ  berdasarkan  Laporan
                                          Stock  Opname  BA,  data  pengiriman/penerimaan  BA  dari
                                          LPBAUSl/Pusat,  dan  prediksi  kebutuhan  permintaan  BA  oleh
                                          tutor/supervisor.  Apabila  terjadi  kekurangan  BA,   UPBJJ
                                          mengajukan  permintaan  kekurangan  BA  ke  LPBAUSl/Pusat
                                          dilampiri  rekapitulasi  jumlah  mahasiswa  berdasarkan  data
                                          registrasi  mahasiswa lama dan prediksi mahasiswa baru;
                                      2)  Khusus  untuk  mata  kuliah  baru,  UPBJJ  berkoordinasi  dengan
                                          dan  mengonfirmasi  kepada  LPBAUSI  kepastian  pengiriman  5
                                          set  bahan  ajar terlebih  dahulu  sebelum  pengiriman  bahan  ajar
                                          secara  lengkap  sesuai  permintaan  UPBJJ  berdasarkan  jumlah
                                          riil  mahasiswa lama dan/ atau  prediksi jumlah mahasiswa baru;
                                      3)  Pendistribusian  BA  dari  UPBJJ  ke  pokjar/mahasiswa  melalui
                                          jasa  pengiriman  barang  paling  lambat  dua  minggu  sebelum
                                          tutorial  dimulai  sesuai  dengan  Petunjuk  Kerja  Pengiriman
                                          BNBKA;




                               172
   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186