Page 176 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 176

lmp/ementasi Coad Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                            Agar  tujuan  pelatihan  tutor  tercapai,  selama  pelatihan  para  calon  tutor
                            diberikan  sejumlah  materi,  yaitu:  Peta  Konsep;  Perencanaan  Tutorial  (RAT
                            dan   SAT);   Pengembangan  Model  Tutorial;  Pengembangan   Bahan
                             Presentasi;  Pelaksanaan  Tutorial;  Praktik  Tutorial  Mini;  Pemberian  dan
                             Penilaian  Tugas.  Selain  itu,  pelatihan  juga dikemas dalam  berbagai  bentuk
                            aktivitas:  presentasi  materi;  diskusi  dan  tanya  jawab;  kerja  individual;
                             presentasi  hasil  kerja  individual/kelompok;  praktik  tutorial.  Pelatihan
                             dilaksanakan dalam waktu 2-4 hari.
                             Pada akhir pelatihan, setiap peserta (calon tutor)  harus menyelesaikan tugas-
                             tugas  membuat:  peta  konsep  mata  kuliah;  RAT  utuh  satu  mata  kuliah;  SAT
                             untuk  delapan  kali  pertemuan;  tiga  buah  tugas  tutorial.  Hasil-hasil  tugas
                             pelatihan  tersebut  kemudian  dievaluasi  oleh  Tim  Pelatih  Tutor  dan
                             dijadikan dasar untuk penerbitan sertifikat pembekalan tutor.


                             3.  Pengelolaan  Layanan  Registrasi
                             Pengelolaan  layanan  registrasi  mencakup  proses  registrasi  pertama,
                             registrasi  ulang,  dan  registrasi  tugas  akhir  program  (TAP)  yang  dilakukan
                             mahasiswa  melalui  UPBJJ-UT  untuk  semua  program  dan  jenjang  studi,
                             kecuali  Pascasarjana.  Sasarannya adalah:
                             a.   meningkatkan  kapasitas  pemrosesan  registrasi  diukur  berdasarkan
                                jumlah berkas per hari  per petugas;
                             b.  meniadakan  kesalahan  pemrosesan  data  pribadi  mahasiswa  diukur
                                 berdasarkan  jumlah  mahasiswa  dengan  data  tidak  sesuai  vs  jumlah
                                 mahasiswa baru  (hasil  validasi di BAAPM);

                             c.   meningkatkan  akurasi  data  registrasi  mata  kuliah  (kesesuaian  bukti
                                 registrasi  dengan  data  TBS)  diukur  berdasarkan  jumlah  registrasi  tidak
                                 akurat akibat salah  entry vs  jumlah  registrasi  mahasiswa  (hasil  validasi
                                 daftar 20-an oleh  BAAPM&keluhan mahasiswa).


                             lmplementasi  good  governance  dalam  pengelolaan  layanan  registrasi  di
                             UPBJJ  diwujudkan sesuai  dengan ketentuan dan  prosedur berikut.
                             a.   Registrasi  dilakukan  oleh  mahasiswa  di  UPBJJ-UT  terdekat  dengan
                                 alamat mahasiswa;







                                                                                           167
   171   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181