Page 176 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 176
lmp/ementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Agar tujuan pelatihan tutor tercapai, selama pelatihan para calon tutor
diberikan sejumlah materi, yaitu: Peta Konsep; Perencanaan Tutorial (RAT
dan SAT); Pengembangan Model Tutorial; Pengembangan Bahan
Presentasi; Pelaksanaan Tutorial; Praktik Tutorial Mini; Pemberian dan
Penilaian Tugas. Selain itu, pelatihan juga dikemas dalam berbagai bentuk
aktivitas: presentasi materi; diskusi dan tanya jawab; kerja individual;
presentasi hasil kerja individual/kelompok; praktik tutorial. Pelatihan
dilaksanakan dalam waktu 2-4 hari.
Pada akhir pelatihan, setiap peserta (calon tutor) harus menyelesaikan tugas-
tugas membuat: peta konsep mata kuliah; RAT utuh satu mata kuliah; SAT
untuk delapan kali pertemuan; tiga buah tugas tutorial. Hasil-hasil tugas
pelatihan tersebut kemudian dievaluasi oleh Tim Pelatih Tutor dan
dijadikan dasar untuk penerbitan sertifikat pembekalan tutor.
3. Pengelolaan Layanan Registrasi
Pengelolaan layanan registrasi mencakup proses registrasi pertama,
registrasi ulang, dan registrasi tugas akhir program (TAP) yang dilakukan
mahasiswa melalui UPBJJ-UT untuk semua program dan jenjang studi,
kecuali Pascasarjana. Sasarannya adalah:
a. meningkatkan kapasitas pemrosesan registrasi diukur berdasarkan
jumlah berkas per hari per petugas;
b. meniadakan kesalahan pemrosesan data pribadi mahasiswa diukur
berdasarkan jumlah mahasiswa dengan data tidak sesuai vs jumlah
mahasiswa baru (hasil validasi di BAAPM);
c. meningkatkan akurasi data registrasi mata kuliah (kesesuaian bukti
registrasi dengan data TBS) diukur berdasarkan jumlah registrasi tidak
akurat akibat salah entry vs jumlah registrasi mahasiswa (hasil validasi
daftar 20-an oleh BAAPM&keluhan mahasiswa).
lmplementasi good governance dalam pengelolaan layanan registrasi di
UPBJJ diwujudkan sesuai dengan ketentuan dan prosedur berikut.
a. Registrasi dilakukan oleh mahasiswa di UPBJJ-UT terdekat dengan
alamat mahasiswa;
167