Page 172 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 172
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Pengelola Kelompok Belajar/Pokjar atau Pengelola daerah (PD),
Dinas Pendidikan, PR IV UT);
d. menyusun perencanaan promosi berdasarkan tabel prospek
mahasiswa (perencanaan memuat materi, target promosi, target
jumlah mahasiswa baru, media yang digunakan dan jumlahnya,
penanggung jawab, jadwal, dan biaya);
e. melakukan reviu terhadap perencanaan promosi dengan
mempertimbangkan hasil evaluasi program promosi sebelumnya;
f. melaksanakan promosi sesuai perencanaan, dan
mendokumentasikannya di dalam berkas realisasi promosi
(dilampiri: MoU program beasiswa dari instansi yang telah direkap
serta rekap mahasiswa beasiswa per pokjar sebagai bukti hasil
realisasi program promosi);
g. melakukan survey asal informasi tentang UT yang diperoleh
mahasiswa baru pada saat melakukan registrasi dan/atau
penyebaran angket promosi ke pokjar-pokjar di wilayah jangkauan
UPBJJ;
h. menyusun Laporan Realisasi Promosi pada akhir kegiatan promosi
(laporan memuat: rekap realisasi promosi, pencapaian target, dan
penggunaan dana promosi);
i. melakukan evaluasi melalui rapat untuk menentukan prioritas
tindakan perbaikan berdasarkan dokumen dan Daftar Permohonan
Tindakan Perbaikan dan Pencegahan (PTPP) dengan
mempertimbangkan keseriusan & frekuensi masalah serta
ketersediaan sumber daya di UPBJJ untuk perbaikan program
promosi selanjutnya.
Dari promosi ini diharapkan semua orang (khususnya di wilayah Indonesia)
mengenal Universitas Terbuka (UT). Jika ini berlangsung dengan baik,
pertanyaan dari masyarakat mengenai apa itu UT; UT itu sebagai universitas
negeri atau bukan, dst. tidak akan mengemuka lagi.
2. Pengelolaan Rekrutmen Mahasiswa dan Tutor
Pengelolaan rekrutmen mahasiswa mencakup pengelolaan perencanaan,
proses, hasil, dan monev pencarian dan penentuan calon mahasiswa baru
UT. Sasaran yang ingin dicapai dalam pengelolaan rekrutmen mahasiswa
163