Page 175 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 175
Jmp/ementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Agar implementasi sesuai dengan prinsip-prinsip good governance,
pengelolaan rekrutmen tutor di UPBJJ diwujudkan sesuai dengan ketentuan
dan prosedur yang sudah ditetapkan dan disepakati oleh Pusmintas, yaitu
bahwa proses rekrutmen tutor dilaksanakan dengan melakukan seleksi
dengan mempertimbangkan:
a. kualifikasi akademik minimal yang disyaratkan berdasarkan ijazah
terakhir yang dimiliki dari PT yang berkualitas dan kredibel;
b. riwayat hidup dan pengalaman kerja/mengajar/memberikan kuliah
yang relevan dengan mata kuliah yang akan ditutorialkan;
c. kesertaan dalam pelatihan (AA, Pekerti, dll.) atau penataran tutor)
dibuktikan dengan Sertifikat Pelatihan/Penataran;
Pengelolaan rekrutmen tutor tersebut dilaksanakan sejalan dengan upaya
UPBJJ untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya secara berkesinambungan
agar bisa mewujudkan diri sebagai UPBJJ yang profesional. Salah satunya
dicirikan oleh pencapaian misi meningkatkan efektivitas pembelajaran
melalui layanan bantuan belajar, melalui kebijakan mutu berupa
peningkatan efektivitas sistem pengelolaan mutu UT secara
berkesinambungan demi meningkatkan bantuan belajar, dan pemanfaatan
segala sumber daya yang tersedia secara terintegrasi, efisien, dan dapat
dipertanggungjawabkan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan secara
efektif.
Agar setiap calon tutor yang sudah direkrut mampu melaksanakan dan
meningkatkan efektivitas tutorial melalui layanan bantuan belajar yang
diberikan, maka para calon tutor mendapatkan pembekalan tutor. Oleh
sebab itu, sesuai dengan pedoman rekrutmen tutor UT, mereka yang belum
pernah mendapatkan pelatihan dan sertifikat pelatihan tutor, diwajibkan
untuk mengikuti pelatihan tutor UT. Pelatihan dilaksanakan oleh UPBJJ
secara berkala dan berkesinambungan. Pelatihan dimaksudkan agar setiap
tutor UT memiliki kompetensi andragogis, mencakup kemampuan
merancang, melaksanakan dan menilai hasil tutorial, serta memanfaatkan
hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran dalam
tutorial, di samping memiliki kompetensi-kompetensi kepribadian,
profesional, dan sosial.
166