Page 170 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 170

lmplementasi Coad Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                             menjadi  PTJJ  unggulan  di  dunia  bisa  diraih  pada  2020  (Jurnalnet.com,
                             2008).


                             B.  lmplementasi
                             Gagasan  dan  pengalaman  UPBJJ  dalam  mengimplementasikan  prinsip-
                             prinsip  good  governance  dalam  (1)  pengelolaan  promosi,  (2)  rekrutmen
                             mahasiswa  dan  tutor,  (3)  registrasi,  (4)  bantuan  belajar  dan  layanan  bahan
                             ajar,  (5)  ujian,  (6)  administrasi  kelulusan,  (7)  jalinan kerja sama,  (8)  keluhan
                             pelanggan,  dan  (9)  sumberdaya  pada  dasarnya  terintegrasi  di  dalam
                             implementasi  Sistem  Jaminan  Kualitas  (Simintas)  di  tingkat  UPBjJ.  Berikut
                             ini adalah uraiannya.


                             1.  Pengelolaan Promosi
                                 Pengelolaan  promosi  mencakup  semua  pengelolaan  perencanaan,
                                 proses,  hasil,  monitoring  dan  evaluasi  (monev)   promosi  yang
                                 dilakukan  oleh  UPBJJ.  Pengelolaan  promosi  dilakukan  untuk:  (1)
                                 memberikan  informasi  tentang  pendidikan  jarak  jauh  (PJJ)  seluas
                                 mungkin  kepada  masyarakat  sehingga  menjangkau  seluruh  prospek
                                 mahasiswa yang ada, dan (2)  memberikan informasi  kepada mahasiswa
                                 tentang PJJ  dengan jelas dan akurat guna memastikan kesesuaian  berkas
                                 pendaftaran  dengan  persyaratannya.  lmplementasi  promosi  di  UPBJJ
                                 dilakukan  dengan  prinsip  empowering  dan  maintaining  SOM  yang
                                 dimiliki,  serta  jaringan  kerja  sama  kemitraan  dengan  berbagai  instansi
                                 di  wilayah  jangkauan  UPBJJ.  Sasaran  promosi  yang ditargetkan  adalah
                                 peningkatan  efisiensi  program  promosi  diukur  berdasarkan  jumlah
                                 mahasiswa baru vs total  biaya promosi.
                                 Bagi  UPBJJ,  pengelolaan  program  promosi  UT menjadi  prioritas  utama
                                 dan  memperoleh  momentum  sejak  pemberlakuan  Undang-Undang
                                 tentang  Otonomi   Daerah   pada  awal   tahun   2000.   Hal   itu
                                 mengakibatkan  terjadinya  reorganisasi  dan  pergeseran  tanggung jawab
                                 pada  instansi  yang  selama  ini  menangani  UT.  Sesuai  dengan
                                  karakteristik  wilayah  jangkauan  UPBJJ  di  seluruh  Indonesia,  kegiatan
                                  promosi  dilakukan  dalam  dua  jenis  yakni:  secara  langsung  dan  tidak
                                  langsung.  Strategi  promosi  langsung  antara  lain  dilakukan  melalui
                                  OSMB,  registrasi,  talk  show,  e-mail/mailing  list  forum   komunitas,




                                                                                            161
   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175