Page 171 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 171

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka


                                   kunjungan   ke   instansi/lembaga/sekolah/masyarakat;   pembentukan
                                   kelompok  belajar;  pelaksanaan  Upacara  Penyerahan  ljazah  (UPI).
                                   Media  promosi  yang  digunakan  adalah  LCD  projector,  pemberian
                                   informasi  disertai  diskusi,  radio!TV,  dan  internet  (pada  tahun  2008,
                                   UPBJJ  Surabaya  sudah  memiliki  situs  resmi  di  www.ut-surabaya.net).
                                   Adapun  promosi  tidak  langsung  antara  lain  dilakukan  melalui
                                   pengiriman  surat  ke  instansi/lembaga/sekolah;  pengiriman  proposal
                                   kepada  bupati  perihal  perekrutan  mahasiswa  swadana/beasiswa
                                   program  Pendas;  pemasangan  pengumuman/iklan di sejumlah  media,
                                   buku  agenda  kerja atau  buku  pakar,  buku daftar perguruan  tinggi  yang
                                   diterbitkan  oleh  Dinas  Pendidikan  Provinsi;  pemasangan  spanduk
                                   UPBJJ-UT  di  kantor  Dinas  Pendidikan  Kabupaten/Kota,  ICT  Center,
                                   Cabang  Dinas  Kecamatan,  dan  tempat  strategis  lainnya.  Selain  itu,
                                   UPBJJ  juga  membuat  konsep  brand  Image  (cf.  Rusly  &  Sembiring,
                                   2007)  sebagai  upaya  UPBJJ  untuk  melakukan  'pencitraan  diri'  tentang
                                   UT,  sehingga  masyarakat  selalu  terngiang  oleh  kata  sandi  atau  motto
                                   yang  digunakan,  dan  akan  terbentuk  gambaran  ideal  tentang  UT
                                   sebagai  lembaga  pendidikan  berkualitas.  Salah  satu  iklan  yang  sering
                                   digunakan  UPBJJ-UT  Surabaya  untuk  membentuk  image  tentang  UT
                                   adalah:  "belajar mandiri, UT pasti."
                                   Agar  implementasi  sesuai  dengan  pnns1p-prins1p  good  governance,
                                   pengelolaan  promosi  di  UPBJJ  diwujudkan  sesuai  dengan  ketentuan
                                   dan  prosedur  yang  sudah  ditetapkan  dan  disepakati  oleh  Pusmintas,
                                   yaitu  UPBJJ  di  bawah  koordinasi  Kasubag  TU  (KTU)  melakukan
                                   langkah-langkah dengan prosedur sebagai  berikut.
                                  a.   mendokumentasikan  informasi  tentang  UT/UPBJJ  yang  ditemukan
                                      di berbagai  sumber informasi seperti  surat edaran,  Katalog UT, atau
                                      informasi  lain  yang  terkait  tentang  program  yang  akan  ditawarkan
                                      (disimpan  dalam  satu  folder  sehingga  menjadi  satu  kesatuan
                                      dokumen terkendali);
                                  b.  membuat rekap  informasi tersebut di dalam dokumen promosi;
                                  c.  mengidentifikasi  prospek  calon  mahasiswa  dan  menentukan  target
                                      promosi  di  dalam  tabel   prospek  mahasiswa,   berdasarkan
                                      pertimbangan  kecenderungan  jumlah  mahasiswa  baru  semester-
                                      semester  sebelumnya  (informasi  diperoleh  antara  lain  dari







                               162
   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176