Page 171 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 171
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
kunjungan ke instansi/lembaga/sekolah/masyarakat; pembentukan
kelompok belajar; pelaksanaan Upacara Penyerahan ljazah (UPI).
Media promosi yang digunakan adalah LCD projector, pemberian
informasi disertai diskusi, radio!TV, dan internet (pada tahun 2008,
UPBJJ Surabaya sudah memiliki situs resmi di www.ut-surabaya.net).
Adapun promosi tidak langsung antara lain dilakukan melalui
pengiriman surat ke instansi/lembaga/sekolah; pengiriman proposal
kepada bupati perihal perekrutan mahasiswa swadana/beasiswa
program Pendas; pemasangan pengumuman/iklan di sejumlah media,
buku agenda kerja atau buku pakar, buku daftar perguruan tinggi yang
diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi; pemasangan spanduk
UPBJJ-UT di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, ICT Center,
Cabang Dinas Kecamatan, dan tempat strategis lainnya. Selain itu,
UPBJJ juga membuat konsep brand Image (cf. Rusly & Sembiring,
2007) sebagai upaya UPBJJ untuk melakukan 'pencitraan diri' tentang
UT, sehingga masyarakat selalu terngiang oleh kata sandi atau motto
yang digunakan, dan akan terbentuk gambaran ideal tentang UT
sebagai lembaga pendidikan berkualitas. Salah satu iklan yang sering
digunakan UPBJJ-UT Surabaya untuk membentuk image tentang UT
adalah: "belajar mandiri, UT pasti."
Agar implementasi sesuai dengan pnns1p-prins1p good governance,
pengelolaan promosi di UPBJJ diwujudkan sesuai dengan ketentuan
dan prosedur yang sudah ditetapkan dan disepakati oleh Pusmintas,
yaitu UPBJJ di bawah koordinasi Kasubag TU (KTU) melakukan
langkah-langkah dengan prosedur sebagai berikut.
a. mendokumentasikan informasi tentang UT/UPBJJ yang ditemukan
di berbagai sumber informasi seperti surat edaran, Katalog UT, atau
informasi lain yang terkait tentang program yang akan ditawarkan
(disimpan dalam satu folder sehingga menjadi satu kesatuan
dokumen terkendali);
b. membuat rekap informasi tersebut di dalam dokumen promosi;
c. mengidentifikasi prospek calon mahasiswa dan menentukan target
promosi di dalam tabel prospek mahasiswa, berdasarkan
pertimbangan kecenderungan jumlah mahasiswa baru semester-
semester sebelumnya (informasi diperoleh antara lain dari
162