Page 194 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 194

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka


                                       pemeriksaan  terhadap  adanya  pelanggaran  disiplin  pegawai
                                       sesuai  dengan  tata  cara  yang  telah  ditetapkan;  pemberian
                                       sanksi/hukuman  disiplin sesuai  dengan  tingkat,  jenis dan  masa
                                       berlaku  pelanggaran;  pemberian  kesempatan  kepada  pegawai
                                        untuk  mengajukan  keberatan  atas  hukuman  disiplin  yang
                                       dijatuhkan.
                                    3)  Pelaporan  secara  berkala  hasil  realisasi  ketentuan  atau
                                        peraturan  Disipl in  PNS  kepada  pejabat/atasan,  termasuk
                                        kemajuan yang dicapai.
                                    4)  Pelaksanaan  monev  dan  pencapaian  target  pengelolaan
                                        disiplin  pegawai.  Monev  dilakukan  untuk  mengkaji,  menilai,
                                        dan  menetapkan  efektivitas  sosialisasi  dan  realisasi  ketentuan
                                        atau  peraturan disiplin PNS di kalangan pegawai.
                                    5)  Hasil  monev  dijadikan  dasar  untuk  melakukan  reviu  dan
                                        perbaikan  prosedur  sosialisasi  dan  realisasi  ketentuan  atau
                                        peraturan  disiplin  PNS  untuk  periode  selanjutnya.  Evaluasi
                                        dilakukan  dalam  rapat  tinjauan  manajemen  (RTM)  untuk
                                        menentukan pegawai berprestasi.
                                    Prosedur tersebut diharapkan  dapat  meminimalkan  pegawai  yang
                                    malas, tidak disiplin, dan  kurang dapat diberdayakan.


                             C.  Penutup
                             Pada  dasarnya  banyak  hal  yang  terjadi  di  lapangan.  Beberapa  orang  yang
                             menanyakan  apa  itu  UT;  UT  itu  sebagai  universitas  negeri  atau  bukan;
                             ijazah  UT legal  atau tidak merupakan  hal  yang harus disikapi dengan  bijak.
                             Hal  itu  menunjukkan  bahwa  sarana  promosi  belum  sepenuhnya  berhasil
                             karena masih adanya pertanyaan-pertanyaan semacam  itu.
                             Beberapa  kasus  mengenai  mahasiswa  yang  dikeluarkan  dari  data  karena
                             persyaratan  kurang  atau  tutor  yang  jarang  hadir  juga  ikut  mewarnai  dan
                             perlu  direncanakan  upaya  perbaikannya.   Beberapa  keluhan  mengenai
                             pembelian  bahan  ajar  lewat  e-book  store,  layanan  tutorial  on-line  yang
                             kadang-kadang  lama  berbalas  juga  perlu  dicarikan  upaya  pemecahannya.
                             Kasus  mahasiswa  yang  ujian  lupa  tanda  tangan  atau  keliru  mengisikan
                             identitas  pribadi  juga  perlu  mendapatkan  perhatian  serius.  Beberapa
                             pegawai  yang  malas,  tidak  disiplin,  dan  kurang  dapat  diberdayakan  juga
                              perlu dicermati lebih saksama.




                                                                                            185
   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199