Page 198 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 198

8          Pengembangan  Sistem Jaminan

                             A                                        Kualitas di  UT


                             B                                                  D  YUNI  PKH






                             12


                                      A.  Pendahuluan


                                      Sebagai  satu-satunya  institusi  pendidikan  jarak  jauh  (PJJ),
                                      Universitas  terbuka  sebenarnya  tidak  memiliki  pembanding
                                      tentang  sistem  penyelenggaraan  pendidikan  tinggi  jarak  jauh
                                      (PTJJ)   dalam  konteks  Indonesia.   Dalam   penyelenggaraan
                                      pendidikan,  UT  ber'jalan'  bersama-sama  perguruan  tinggi  lain
                                      yang menggunakan  sistem tatap muka, yang dalam kenyataannya
                                      kedua  sistem  ini  tidak  dapat  digunakan  sebagai  pembanding
                                      karena  sistem  PJJ  memang  sangat  berbeda  dengan  sistem
                                      pembelajaran tatap muka.
                                      Meskipun  beberapa  perguruan  tinggi  dan  konsorsium  dari
                                      beberapa  perguruan  tinggi  sudah  mendapatkan  izin  untuk
                                      menyelenggarakan  pendidikan  dengan  sistem  PJJ,   namun
                                      ternyata  penyelenggaraan  tersebut  masih  belum  dapat dikatakan
                                      berhasil.  Karena  UT  merupakan  satu-satunya  PTJJ  di  Indonesia,
                                      maka  keberadaan  UT  akan  sangat  sulit  dibandingkan  baik  dari
                                      segi  penyelenggaraan  (UT  digunakan  sebagai  alternatif  yang
                                      menyelenggarakan  pendidikan  massal,  dengan  sasaran  mereka
                                      yang  terkendala  masuk  perguruan  tinggi),  maupun  hasil  yang
                                      diperolehnya (kualitas dan  kuantitas lulusan).
                                      Mengembangkan  citra  diri  atau  brand  image  sangat  diperlukan
                                      oleh  UT  untuk  dapat  menunjukkan  bahwa  UT  yang  selama  ini
                                      telah  memainkan  peran  penting  dalam  peningkatan  angka
                                      partisipasi  pendidikan  tinggi  di  Indonesia,  pada  awal  berdirinya
                                      UT  dimaksudkan  sebagai  PT  alternatif  bagi  mereka  yang




                                                                                           189
   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203