Page 200 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 200

/mp/ementasi Coad Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka


                             B.  Sejarah Sistem Jaminan  Kualitas  Di  UT
                             Sesuai  dengan  visi  UT  menjadi  salah  satu  institusi  pendidikan  tinggi  jarak
                             jauh  unggulan  di  antara  institusi  pendidikan  tinggi  jarak jauh  di  Asia  201 O
                             dan  di  dunia  tahun  2020,  maka  dalam  penyelenggaraannya  PJJ  UT  harus
                             berkualitas.  Kualitas  PJJ  berhubungan dengan:
                             1.  Keunggulan dan fokus pada pengguna jasa
                             2.   Kualitas  dalam  bahan  yang  dihasilkan:  relatif  mudah  maknanya,
                                 menarik  bagi  peserta  didik,  dapat  dilihat,  kelihatan  nyata  di  mata
                                 publik,  terbuka  terhadap  kritik  dan  masukan  peserta  didik  dan  pihak
                                 berkepentingan
                             3.  Empat aspek kualitas dalam  PJJ  (COL,  1997)
                                 a.   Produk
                                 b.  Proses
                                 c.   Produksi dan sistem  pembelajaran
                                 d.  Filosofi


                             Dalam  pelaksanaannya empat aspek kualitas  ini tidak dengan  mudah dapat
                             dilaksanakan   hal   m1   tergantung   pada   institusi   yang   akan
                             mengembangkannya.  Uraian  dari  masing-masing  aspek  dapat  dilihat
                             sebagai  berikut.



                              1.  Kualitas Produk
                                 a.   Bervariasi  dari  institusi  yang  satu  ke  institusi  yang  lain,  tergantung
                                     pada prioritas, sumber daya,  ukuran, potensi jumlah peserta didik
                                 b.  Meliputi hal-hal  seperti  bahan  ajar,  jumlah  lulusan,  jumlah  peserta
                                     yang  lulus  ujian,  jumlah  lulusan  yang  diterima  di  PT  lain  untuk
                                     studi  lanjut
                              2.  Kualitas Proses
                                 a.   Lebih  sulit  diupayakan  dibandingkan  dengan  kualitas  produk,
                                     meliputi  hal-hal  seperti:  proses  belajar;  kegiatan  pembelajaran;
                                     bimbingan   peserta   didik;   koordinasi   dengan   pengembang
                                     kurikulum  penulis  bahan  ajar  dan  soal,  kemitraan  dengan  pihak
                                     eksternal,  pengembangan  jaringan  dan  komunikasi  dengan  UPBJJ
                                     (Unit Program  Belajar Jarak Jauh), dan  pengelolaan sistem  informasi







                                                                                            191
   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205