Page 200 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 200
/mp/ementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
B. Sejarah Sistem Jaminan Kualitas Di UT
Sesuai dengan visi UT menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi jarak
jauh unggulan di antara institusi pendidikan tinggi jarak jauh di Asia 201 O
dan di dunia tahun 2020, maka dalam penyelenggaraannya PJJ UT harus
berkualitas. Kualitas PJJ berhubungan dengan:
1. Keunggulan dan fokus pada pengguna jasa
2. Kualitas dalam bahan yang dihasilkan: relatif mudah maknanya,
menarik bagi peserta didik, dapat dilihat, kelihatan nyata di mata
publik, terbuka terhadap kritik dan masukan peserta didik dan pihak
berkepentingan
3. Empat aspek kualitas dalam PJJ (COL, 1997)
a. Produk
b. Proses
c. Produksi dan sistem pembelajaran
d. Filosofi
Dalam pelaksanaannya empat aspek kualitas ini tidak dengan mudah dapat
dilaksanakan hal m1 tergantung pada institusi yang akan
mengembangkannya. Uraian dari masing-masing aspek dapat dilihat
sebagai berikut.
1. Kualitas Produk
a. Bervariasi dari institusi yang satu ke institusi yang lain, tergantung
pada prioritas, sumber daya, ukuran, potensi jumlah peserta didik
b. Meliputi hal-hal seperti bahan ajar, jumlah lulusan, jumlah peserta
yang lulus ujian, jumlah lulusan yang diterima di PT lain untuk
studi lanjut
2. Kualitas Proses
a. Lebih sulit diupayakan dibandingkan dengan kualitas produk,
meliputi hal-hal seperti: proses belajar; kegiatan pembelajaran;
bimbingan peserta didik; koordinasi dengan pengembang
kurikulum penulis bahan ajar dan soal, kemitraan dengan pihak
eksternal, pengembangan jaringan dan komunikasi dengan UPBJJ
(Unit Program Belajar Jarak Jauh), dan pengelolaan sistem informasi
191