Page 205 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 205

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka


                               C.  Kualitas yang Dicapai dan  Kendala
                               Langkah-langkah   yang   dilaksanakan   untuk   mengimplementasikan
                               instrumen simintas adalah:

                               1.  Sesuai  dengan  rencana  di  tahun  2003,  bahwa  pada  tahun  2005  UT
                                   mengundang  lembaga  sertifikasi  internasional  ICDE  untuk  mengaudit
                                   UT,  dan  hasilnya  pada  6-10  Juni  2005,  UT  memperoleh  Sertifikasi
                                   kualitas  dan  akreditasi  internasional  oleh
                                                                          International  Council  for
                                   Open and Distance Education (!COE).
                                   Pada  tahun  2005,  Simintas  UT  juga  melakukan  Evaluasi  Diri,  dan
                                   hasilnya cukup menggembirakan. Skor  rata-rata  dari  107 butir Simintas
                                   telah  meningkat dari  2,46  pada  tahun  2002,  menjadi  3,83  pada  tahun
                                   2005.
                                   Pusmintas  juga  memfasilitasi  pengembangan  sistem  kompensasi  dan
                                   penghargaan.  Draf  awal  dibuat  dengan  melibatkan  banyak  unit  yang
                                   terkait  dengan  sistem  pemberian  kompensasi  dan  penghargaan  serta
                                   pengembangan SOM.
                                   Pada  tahun  2005  gagasan  awal  UT  Scorecard  mulai  dikembangkan
                                  dengan  mempertimbangkan  empat  perspektif  yang  meliputi  (a).
                                   Pembelajaran  dan  pertumbuhan,  (2).  Proses  bisnis  internal,  (c).
                                   Pengguna jasa, dan (d).  Finansial.
                                  Kendala yang sering terjadi  adalah  pada  saat  uji coba,  karena dalam  uji
                                  coba akan  ditemukan hal-hal  prinsip yang tidak sesuai.  Ketidaksesuaian
                                  ini  harus  diperbaiki  dan  kemudian  dilakukan  uji  coba  lagi  sampai
                                  keadaannya  sesuai  dan  tidak  terjadi  atau  dapat  meminimalkan
                                  ketidaksesuaian yang ada.


                               2.  Tahun   2006   merupakan   tahun   di   mana   Pusmintas   mulai
                                  mengembangkan  prosedur  sesuai  dengan  format  ISO  9001 :2000  yang
                                  dibuat  untuk  dilaksanakan  di  Pusat  Distribusi  Bahan  Ajar  (sekarang
                                  Pusat  Layanan  Bahan  Ajar/PUS LABA).  Sertifikasi  ISO  9001 :2000
                                  diperoleh  Puslaba setelah  mengalami  penundaan  karena temuan  major
                                  yang  terjadi  di  nit  RTP.  Setelah  dilakukan  tindakan  perbaikan,  pada
                                  bulan  Maret  tahun  2006,  akhirnya  sertifikasi  dapat  diberikan  kepada
                                  Puslaba.
                                  Dari  pengalaman  penundaan  perolehan  sertifikat  ISO,  Pusmintas-UT
                                  menjadi  lebih  terbuka  pada  proses-proses  yang  ada  di  UT yang  tidak




                              196
   200   201   202   203   204   205   206   207   208   209   210