Page 207 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 207

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                       prosedur  yang  terjadi  pada  saat  pelaksanaan.  Selain  itu  revisi
                                       prosedur  atau  sasaran  kualitas  juga  dilakukan  bila  ada  kebijakan
                                       pimpinan  yang  menyebabkan  perubahan  pada  pelaksanaan  secara
                                      teknis  di  lapangan,  contohnya  adalah  kebijakan  untuk  pembelian
                                       Bahan  Ajar  melalui  internet  bagi  mahasiswa  nonPendas.  Revisi
                                      yang  terlalu  sering  dilakukan  seringkali  menyulitkan  dalam
                                      penarikan  prosedur lama  untuk diganti  dengan  prosedur baru  hasil
                                       revisi.
                                   c.   Penyusunan  pedoman  tunjangan  berbasis  kinerja yang  merupakan
                                      bagian  dari  sistem  remunerasi  UT  selesai  dikembangkan  pada
                                      tahun  2007
                                   d.  Pada  tahun  2007,   Pusmintas  juga  mempersiapkan  perolehan
                                      sertifikat  ISO  9001 :2000  untuk  Layanan  Administrasi  Akademik,
                                      yang  pada  pelaksanaannya  melibatkan  semua  staf  di  BAAPM,
                                      Fakultas (Ka  Subbag Kemahasiswaan  dan  stafnya) dan  UPBJJ.  Selain
                                      itu  pengelolaan  Promosi  dan  Kerja  sama  juga  dipersiapkan  untuk
                                      menerima ISO  9001 :2000 yang ditargetkan  perolehan  sertifikatnya
                                      pada  tahun  2008.  Pusmintas  juga  mempersiapkan  perolehan  ISO
                                      20000:2005   untuk  ITSM   (Information   Technology  Service
                                      Management)  yang  perolehan  sertifikatnya  ditargetkan  pada  tahun
                                      2009,  ISO  18000:2007  OHSAS  (Manajemen  Keselamatan  dan
                                      Kesehatan  Kerja/K3)  target  sertifikasi  tahun  2008,  dan  ISO
                                      9001 :2000  untuk  kegiatan  promosi  dan  kerjasama  yang  target
                                      perolehan sertifikatnya tahun 2008.


                               4.  Tahun  2008,  perolehan  sertifikat  ISO  bertambah  untuk  layanan
                                   administrasi  akademik  (diperoleh  pada  Maret  2008),  dan  pada  bulan
                                   September  2008,  dari  14  UPBJJ  yang  ditargetkan,  4  UPBJJ  sudah
                                   memperoleh  sertifikat ISO 9001 :2000.  UPBJJ  tersebut adalah  Surakarta,
                                   Pangkalpinang,  Gorontalo,  dan  Palu.   Tiga  UPBJJ  lagi  yang  sudah
                                  direkomendasikan  untuk  memperoleh  sertifikat  ISO  9001 :2000,  yaitu
                                  Medan,  Palu,  dan  Jambi,  sedangkan  sisanya  akan  diaudit  sertifikasi
                                  pada  bulan  Oktober  2008  (Manado,  Bandarlampung,  Kendari,  dan
                                  Makassar) dan bu Ian  Desember 2008 (Serang dan Jember).
                                  a.   Tahun  2008  merupakan  tahun  dengan  kegiatan  audit  internal  dan
                                      eksternal  yang  semakin  padat.  Audit  internal  dilakukan  setiap  6
                                      bulan  sekali,  oleh  staf  UT yang  sudah  lulus pelatihan  lead auditor,



                               198
   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212