Page 100 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 100

lmp/ementasi Coad Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                                              Perkiraan Positioning Statement UT

                                  Positioning Statement                   Analysis
                            Menawarkan  pendidikan  jarak  jauh   1.   Apa  yang  dimaksud  dengan  cara
                            jarak  jauh   yang   customize   dan   hidup  dan  dunia  kerja  belum
                            membawa  perubahan  dramatis  yang   terlalu   jelas   bagi   konsumen
                            memperbaiki  cara  hidup  dan  dunia   apakah  itu  dibutuhkan  atau  tidak,
                            kerja                                bermanfaat atau tidak
                                                              2.   Pendidikan   jarak   jauh   yang
                                                                 customize  harus  dapat  menunjuk-
                                                                 kan diferensiasi  UT dan value apa
                                                                 yang  bisa  diberikan  oleh  UT
                                                                  kepada konsumennya.
                                                              3.   Kalau  kedua  hal  itu  diperjelas
                                                                  maka   konsekuensi   bagi   UT
                                                                  adalah:  UT  dapat  mempercepat
                                                                  proses  learning  dan  pengem-
                                                                  bangan  pengetahuan  yang  sesuai
                                                                  denoan kebutuhan dunia keria
                            Meletakkan  penekanan  pada  masa   1.   Hal  ini  cukup  jelas  dan  disukai
                            depan  (future),  UT  sebagai  leading   oleh konsumen.
                            university di bidang PJJ          2.   Positioning  harus  lebih  dipertajam
                                                                  bahwa  di  masa  depan  UT  unggul
                                                                  dibanding  institusi  lain  di  bidang
                                                                  jarak jauh.
                                                              3.   Perlu   lebih  diperkuat  dengan
                                                                  prestasi  dramatis  yang  pernah
                                                                  dibuat UT.
                             Mempunyai  SOM  handal  (S2  &  S3  di   1.   Hal  ini  perlu  disosialisasikan  di
                             bidangnya)  yang  menjadi  andalan   berbagai event (web site dll).
                             dalam   mendukung   visi/misa   UT  2.   Menjadi  market  leader  di  bidang
                             menjadi   universitas   jarak   jauh   pendidikan  jarak  jauh  dan  harus
                             unggulan  pada  tahun  2010  di  tingkat   membangun   credential   yang
                             Asia, dan di dunia pada tahun 2020   membuatnya  menjadi  nyata  dan
                                                                  daoat dioercava konsumen
                             Global  Distance  Education  University   1.   Statement   1n1   menunjukkan
                             dengan  sumberdaya  (SOM)  di  bidang   positioning  dan  janji  yang  kuat.
                             pendidikan,  pendidikan  berkelanjutan,   Persoalannya  tinggal  bagaimana
                             IT expertise dll                     UT membuat konsumen tahu  akan
                                                                  hal   itu,   bisa   dipercaya   dan
                                                                  merasakan hal itu
                                                               2.   Oiusulkan  agar  UT  memberikan
                                                                  berbagai   pemikiran   kepada
                                                                  konsumen  melalui  free  bulletin,
                                                                  menerbitkan  buku  untuk  umum
                                                                  atau  web  site  sehingga  dapat
                                                                  memberikan  pengetahuan  kepada
                                                                  konsumen  sebelum menggunakan
                                                                   iasa UT.




                                                                                             91
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105