Page 104 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 104

lmp/ementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                             4.  Brand  Internalization
                                Peningkatan  pelayanan  UT kepada pelanggan tidak terlepas dari  kinerja
                                internal  customer.  Karena  itu  UT  patut  memperhatikan  sosialisasi
                                internal  kepada  partner,  profesional,  dan  staf  UT,  yang  mana  cara
                                menyosialisasikannya  tentu  berbeda  dengan  sosialisasi  yang  dilakukan
                                kepada external customer.


                             UT  harus  dapat  memperkuat  merek  dengan  image  kuat  di  bidang
                             pendidikan  jarak  jauh.  Kekuatan  image  ini  dibangun  dengan  cara
                             menggerakkan   keyakinan,   kepercayaan   pada  doktrin   UT  dengan
                             menanamkan  nilai  bahwa  kepentingan  stakeholders  nomor satu.  Tentunya
                             hal  ini  perlu  komitmen  dan  kerja  keras  semua  pihak  yang  ada  di  UT  dan
                             peran pemimpin yang visioner dan mampu berpikir "out of the box"


                             E.  Penutup
                             Universitas  Terbuka  sebagai  institusi  yang  menerapkan  Pendidikan  Jarak
                             Jauh  (PJJ)  berperan  penting  dalam  mendukung  Visi  Pendidikan  Indonesia
                             yaitu  memberikan  kesempatan  yang  luas  kepada  masyarakat  untuk
                             memperoleh pendidikan.
                             Selama  kurun  seperempat  abad  UT  tetap  tumbuh  dan  berkembang  dan
                             semakin   memperkokoh  pos1s1nya   sebagai   PTN   yang  mempunyai
                             keunggulan  bersaing  di  bidang  PJJ.  Berbagai  prestasi  sudah  diperoleh
                             seperti  penghargaan  akreditasi  dari  ICDE,  The  Best  Online  program  untuk
                             UT  online  dan  sertifikasi  ISO  yang  sudah  dimiliki  unit-unit  di  UT
                             merupakan  keberhasilan  UT yang  patut diberikan  apresiasi  tinggi.  Berbagai
                             prestasi  tersebut  diharapkan  dapat  memperkuat  positioning  UT  dan
                             membangun  citra  positif  di  mata  masyarakat.  Tampaknya  berbagai  usaha
                             UT untuk terus  merespons  kebutuhan  masyarakat  memperoleh  pendidikan
                             berkualitas  menunjukkan  hasil  positif,  yaitu  dengan  adanya  kenaikan
                             partipation rate yang meningkat.
                             Dapat  dikatakan  bahwa  keberhasilan  UT  dalam  menguatkan  reputasi  dan
                             posisinya mulai menunjukkan hasil  yang positif,  namun memang masih ada
                             kegiatan  yang  masih  perlu  ditingkatkan  seperti  pelayanan  kepada
                             mahasiswa,  dan  kesiapan  penyediaan  bahan  ajar  dan  bahan  ujian.  Situasi
                             ini  mempengaruhi  persepsi  /image  UT  dan  dapat  melemahkan  positioning






                                                                                            95
   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109