Page 104 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 104
lmp/ementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
4. Brand Internalization
Peningkatan pelayanan UT kepada pelanggan tidak terlepas dari kinerja
internal customer. Karena itu UT patut memperhatikan sosialisasi
internal kepada partner, profesional, dan staf UT, yang mana cara
menyosialisasikannya tentu berbeda dengan sosialisasi yang dilakukan
kepada external customer.
UT harus dapat memperkuat merek dengan image kuat di bidang
pendidikan jarak jauh. Kekuatan image ini dibangun dengan cara
menggerakkan keyakinan, kepercayaan pada doktrin UT dengan
menanamkan nilai bahwa kepentingan stakeholders nomor satu. Tentunya
hal ini perlu komitmen dan kerja keras semua pihak yang ada di UT dan
peran pemimpin yang visioner dan mampu berpikir "out of the box"
E. Penutup
Universitas Terbuka sebagai institusi yang menerapkan Pendidikan Jarak
Jauh (PJJ) berperan penting dalam mendukung Visi Pendidikan Indonesia
yaitu memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk
memperoleh pendidikan.
Selama kurun seperempat abad UT tetap tumbuh dan berkembang dan
semakin memperkokoh pos1s1nya sebagai PTN yang mempunyai
keunggulan bersaing di bidang PJJ. Berbagai prestasi sudah diperoleh
seperti penghargaan akreditasi dari ICDE, The Best Online program untuk
UT online dan sertifikasi ISO yang sudah dimiliki unit-unit di UT
merupakan keberhasilan UT yang patut diberikan apresiasi tinggi. Berbagai
prestasi tersebut diharapkan dapat memperkuat positioning UT dan
membangun citra positif di mata masyarakat. Tampaknya berbagai usaha
UT untuk terus merespons kebutuhan masyarakat memperoleh pendidikan
berkualitas menunjukkan hasil positif, yaitu dengan adanya kenaikan
partipation rate yang meningkat.
Dapat dikatakan bahwa keberhasilan UT dalam menguatkan reputasi dan
posisinya mulai menunjukkan hasil yang positif, namun memang masih ada
kegiatan yang masih perlu ditingkatkan seperti pelayanan kepada
mahasiswa, dan kesiapan penyediaan bahan ajar dan bahan ujian. Situasi
ini mempengaruhi persepsi /image UT dan dapat melemahkan positioning
95