Page 109 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 109

lmpfementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka



                                Sebagaimana  telah  diketahui  bersama  bahwa  Universitas  Terbuka  (UT)
                                telah  merumuskan  visinya,  yaitu  UT  bertekad  menjadi  salah  satu  institusi
                                PTJJ  unggulan  di  antara  institusi-institusi  PTJJ  di  Asia  tahun  2010  dan  di
                                Ounia  tahun  2020.  Untuk  mencapai  visi  tersebut  memerlukan  kerja  keras
                                dari  seluruh  pegawai  UT,  yang  bersatu  padu  dan  berkesinambungan.
                                Berkaitan  dengan  itu,  pembinaan  dan  pengembangan  kualitas  SOM
                                menjadi  instrumen yang sangat penting.
                                Sumber  daya  manusia  (SOM)  merupakan  aset  utama  dalam  suatu
                                organisasi,  baik   bisnis  maupun  nirlaba.  Kemajuan  suatu  organisasi

                                tergantung  pada  pengetahuan,  keterampilan,  dan  kompetensi  SOM  serta
                                sinergi  antara SOM  sebagai  penggerak organisasi  dengan  pengelolaan  yang
                                efektif sumber daya  lainnya yang  ada  dalam  organisasi  tersebut.  SOM  juga
                                merupakan  aset  yang  paling  pelik  untuk dikelola  karena  adanya  keunikan
                                individu,  perbedaan  kompetensi,  kualifikasi,  keahlian  serta  latar  belakang
                                SOM.  Oleh  karenanya  perhatian  yang  sungguh-sungguh  terhadap  SOM
                                dalam  suatu  organisasi  merupakan  hal  yang  sangat  penting  karena
                                produktivitas  organisasi  banyak  ditentukan  oleh  kinerja  SOM.  Oengan
                                demikian  peningkatan  kualitas  dan  produktivitas  kerja  menjadi  tuntutan
                                dalam  organisasi  agar  supaya  produk  dan  jasa  yang  dihasilkan  mampu
                                bersaing.
                                Oalam  menyiasati  dunia  yang  cepat  berubah,  tuntutan  budaya  kerja  yang
                               dihadapi  oleh  organisasi  yang  bergerak  dalam  bidang  jasa  pendidikan,
                               pengelolaan  SOM  memerlukan  perhatian  yang  serius.  Oalam  konteks  ini
                               UT  juga  dituntut  untuk  terus  menerus  meningkatkan  kinerja  dan
                               produktivitas  serta  mampu  berkompetisi  dan  berkolaborasi  dengan
                               pesaingnya.

                               Salah  satu  upaya  untuk  meningkatkan  kinerja  SOM  adalah  penerapan
                               Sistem  Penilaian  Kinerja  SOM  yang  dimulai  sejak  tahun  2007.  Berbagai
                               pedoman  pelaksanaan  telah  dihasilkan  dan  diimplementasikan.  Pedoman
                               penilaian  kinerja  pegawai  UT  yang  digunakan  terdiri  dari;  komponen
                               kebijakan  dasar  dan  khusus,  komposisi  penilai  dan  yang  dinilai,  alur
                               penilaian kinerja dan  petunjuk pengisian formulir penilaian kinerja.











                               100
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114