Page 110 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 110
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
B. Landasan Berpikir
Produktivitas, satu kata yang dituntut suatu organisasi, pada saat seluruh
sumber daya yang telah diinvestasikan digunakan. Sebagai pihak yang
bertanggung dalam mengelola seluruh sumber daya yang ada, kewajiban
untuk meningkatkan produktivitas menjadi kewajiban bagi manajemen
suatu organisasi. Sumberdaya utama organisasi adalah SOM. Di dalam
mengelola SOM tidak semudah mengelola sumberdaya fisik yang dapat
ditingkatkan produktivitasnya hanya dengan meningkatkan kapasitas
melalui investasi. Peningkatan kapasitas investasi tidak secara langsung
meningkatkan produktivitas organisasi bila tidak didukung usaha untuk
meningkatkan produktivitas SOM.
Sejak awal berkembangnya ilmu manajemen dimulai pada masa scientific
manajemen, manajemen menerapkan metode pembagian dan pengukuran
kerja dengan menerapkan standar kerja untuk aktivitas tertentu.
Selanjutnya perkembangan pengukuran kerja tidak hanya ditekankan pada
kondisi dan kompetensi individu tetapi juga dilihat dari kondisi lingkungan
tempat bekerja karyawan.
Dalam perkembangan selanjutnya pengukuran kinerja menjadi salah satu
alat bagi manajemen dalam upaya meningkatkan produktivitas SOM. Hal
ini sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Maier yang
menyatakan pengertian kinerja sebagai suatu kesuksesan seseorang di
dalam melaksanakan suatu pekerjaan, dan dipertegas lagi oleh Lawler dan
Poter yang menyatakan bahwa kinerja adalah succesfull role achievement
yang diperoleh seseorang dari perbuatannya (As'ad, 1997). Dari batasan
tersebut As'ad menyimpulkan bahwa kinerja adalah hasil yang dicapai
seseorang menurut ukuran yang berlaku untuk pekerjaan yang
bersangkutan.
Dilihat dari sisi individu, kinerja menyangkut kompetensi dan motivasi dari
individu untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang
diberikan kepada mereka serta penghargaan yang diterima oleh individu
dari upaya yang telah diberikan dalam melaksanakan tugas dan tanggung
jawab tersebut. Sedangkan bagi organisasi kinerja merupakan upaya untuk
mencapai tujuan dan harapan organisasi di masa depan yang di jabarkan
dalam tugas dan tanggung jawab yang diberikan organisasi pada seluruh
pegawai. Berkaitan dengan dua kepentingan ini kinerja harus dikelola dan
dikembangkan sehingga kepentingan organisasi dan pegawai sebagai
101
PERPUSTAKAAN·w,,
UNIVERSITAS TERBUKA .