Page 115 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 115

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                UT  merupakan  lembaga  penyelenggara  PTJJ,  dan  pegawai  yang  bekerja  di
                                UT  terdiri  dari  dua  kelompok,  yaitu  pegawai  akademik  dan  administrasi.
                                Untuk  itu  dalam  penilaian  kinerja  pegawai  juga  dikelompokkan
                                berdasarkan  kategorisasi  tersebut.  Sedangkan  pelaksanaan  penilaian  kinerja
                                yang dilaksanakan  UT meliputi beberapa  hal pokok sebagai  berikut.
                                1.  Pegawai  menyepakati  uraian  tugas  yang  harus  dilaksanakan  yang
                                    dituangkan dalam kontrak atau  kesepakatan  kerja.
                                2.  Pelaksanaan  penilaian  harus  dilakukan  seobjektif  mungkin.  Oleh
                                    karena  itu  penilaian  dilakukan  oleh  dua  orang  penilai  dan  masing-
                                   masing  penilai  harus  mengacu  pada  pedoman  penilaian  maupun  kisi-
                                   kisi  penilaian kinerja yang sama.
                                3.  Oalam  proses
                                                  penilaian  ini  yang  dinilai  adalah  uraian  tugas  yang
                                   dilaksanakan pegawai  pada tahun  berjalan.
                                4.  Nilai  terakhir  dari  penilaian  diperoleh  setelah  ada  kesepakatan  nilai
                                   antara  penilai  pertama  (atasan  langsung)  dengan  penilai  kedua  (atasan
                                   penilai pertama).


                                D.  Hubungan Kompensasi dengan  Penilaian Kinerja

                               Peningkatan  kinerja,  produktivitas  dan  keefektifan  institusi  merupakan
                               usaha  yang  sulit  ,  memerlukan  kerja  sama  seluruh  SOM  yang  ada.  Salah
                               satu  cara  terbaik  untuk  meningkatkan  kapasitas  kerja  perusahaan  menurut
                               Gilley,  Boughton  dan  Maycunich  (1999)  adalah  dengan  menghubungkan
                               kompensasi  dan  penghargaan  dengan  pertumbuhan  dan  perkembangan
                               karyawan.  Jika  semua  hasil  dihargai,  mereka  akan  ikhlas  melakukan
                               pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya secara berulang.
                               Suatu  hal  yang  penting  bagi  institusi  adalah  merumuskan  filosofi
                               penghargaan  yang  menambatkan  perkembangan  strategi  kompensasi  dan
                               penghargaan  jangka  panjang.  Filosofi  ini
                                                                           harus  menghubungkan
                               kompensasi  dengan  pertumbuhan  dan  perkembangan  SOM  sehingga dapat
                               meningkatkan kapasitas kinerja institusi.

                               Pembentukan  filosofi  kompensasi  harus  didasarkan  pada  keinginan  untuk
                               menghargai  SOM  karena  kinerjanya  yang  benar  dan  baik.  Komponen
                               penting  dalam  filosofi  kompensasi  dan  penghargaan  lainnya  adalah
                               kemampuan  untuk  membawanya  ke  dalam  budaya  institusi,  nilai,  prinsip
                               tuntunan dan tujuan strategis sasaran  kualitas institusi.





                              106
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120