Page 114 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 114

lmplementasi Coad Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                            Oalam  rangka  upaya pencapaian  visi  tersebut di  atas,  UT  mengembangkan
                            strategi  yang diarahkan  pada  tiga  fokus  pengembangan,  yaitu:  peningkatan
                            kualitas  akademik,  peningkatan  angka  partisipasi   mahasiswa,  dan
                            peningkatan  efektivitas  dan  efisiensi  manajemen  internal  UT.  Agar  ketiga
                            fokus  tersebut  dapat  tercapai  maka  perlu  membangun  budaya  organisasi
                            yang bertumpu  pada  penerapan  manajemen  yang didasarkan  pada  prinsip-
                            prinsip   good  corporate  governance  dan  total  quality  management.
                            lmplementasi prinsip-prinsip tersebut tidak dapat terwujud jika tidak disertai
                            dengan metode penerapan dan  instrumen yang tepat.  Pembentukan  budaya
                            kerja  berkualitas  dilakukan  dengan  menerapkan  Sistem  Jaminan  Kualitas
                            Universitas  Terbuka  (SIMINTAS-UT)  secara  konsisten,  yang  menghendaki
                            pelaksanaan  pekerjaan  berdasarkan  sistem  dan  prosedur baku  sebagaimana
                            dituangkan  dalam  87  Pedoman  kerja  yang  harus  dilaksanakan  pegawai
                            dalam melakukan kegiatan kerja sehari-hari.
                            Untuk  menciptakan  suatu  budaya  organisasi  yang  berkualitas  harus
                            didukung  oleh  SOM  yang  berkualitas  juga.  Hal  ini  yang  mendorong  UT
                             melakukan  pengembangan  SOM  berkualitas  melalui  penerapan  sistem
                             penilaian kinerja pegawai  UT.  Langkah-langkah yang telah dilakukan dalam
                             penerapan  sistem  penilaian  kinerja  pegawai  adalah  menyempurnakan
                             Pedoman  Pelaksanaan  Kinerja,  Petunjuk  Pengisian  Formulir  Penilaian
                             Kinerja,  dan  Form  Penilaian  Kinerja.  Adapun  kebijakan  dasar  penilaian
                             kinerja pegawai  UT adalah sebagai  berikut.
                             1.  Penilaian  kinerja  merupakan  program  untuk  menilai  kinerja  setiap
                                pegawai  UT yang dilakukan dalam satu  tahun  kalender.
                             2.  Penilaian  kinerja  dilakukan  untuk  meningkatkan  kinerja  agar  setiap
                                 pegawai  dapat  memanfaatkan  potensinya  secara  optimal  bukan  untuk
                                 menghukum pegawai.
                             3.  Hasil  dari  penilaian  kinerja akan  digunakan  oleh  pimpinan  Universitas
                                 untuk melakukan  perbaikan  serta  peningkatan  kualitas  kinerja pegawai
                                 dan organisasi.
                             4.  Setiap  pegawai  akan  dinilai  oleh  atasan  langsungnya,  yang  disebut
                                 penilai pertama.  Hasil  penilaian penilai pertama akan diteliti ulang oleh
                                 atasan  langsung penilai pertama, yang disebut Penilai  Kedua.
                             5.   Pimpinan  UT  membentuk  Tim  Penilaian  Kinerja,  yang  anggotanya
                                 ditentukan dan ditetapkan sesuai  kebutuhan.
                             6.  Pegawai  yang  kinerjanya  dinilai  di  atas  rata-rata  pegawai  lainnya akan
                                 mendapatkan  penghargaan  khusus  yang  bentuknya  akan  ditetapkan
                                 oleh pimpinan UT



                                                                                            105
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119