Page 103 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 103

lmp/ementasi Coad Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                3.  UT's Corporate Philosophy Sejalan Dengan Prinsip Good Governance
                                Untuk  memperkuat  citra  UT  sebagai  institusi  yang  pengelolaannya
                                didasarkan  prinsip-prinsip  Good  and  Corporate  Governance  yang
                                mengedepankan  akuntabilitas,  transparansi,  partisipasi  efektif  dan  efisien,
                                diperlukan  internalisasi  prinsip  ini  harus
                                                                       dimasukkan  ke  dalam  benak
                                karyawan,  bahkan  dalam  hati  mereka.  Jika  internalisasi  ini  berhasil  maka
                                prinsip GCG akan  menjadi budaya dasar bekerja yang produktif.

                                Pada  saat  ini  masyarakat tahu  brand  UT  sangat  kuat di  bidang  pendidikan
                                jarak  jauh  dan  memiliki  image  seperti  sekarang  ini  karena  sesuatu  yang
                                dibangun  atas  dasar  budaya kerja  UT  yang  digerakkan  dari  satu  nilai  yang
                                ditanamkan  kepada  karyawan  bahwa  kepentingan  stakeholder (mahasiswa)
                                nomor satu.

                                Persepsi  yang  ingin  dibangun  di  benak  konsumen  UT  dan  kinerja  UT
                                ditentukan  oleh  perilaku  (behavior)  karyawan.  Perilaku  itu  muncul  karena
                                sikap  (attitude)  yang diambil dan  sikap tersebut terjadi  karena  nilai  (values)
                                yang  dimiliki.  Agar  perusahaan  dapat  mencapai  sasaran  akhirnya  yaitu
                                menguatkan  posisi  yang  lebih  baik  di  benak  konsumen  dan  kinerja  yang
                                lebih  baik,  maka  perlu  dikelola  nilai   apa  yang  perlu  ditumbuhkan
                                perusahaan.

                                Value  proposition  yang  ditawarkan  pada  pemangku  kepentingan  harus
                               sejalan dengan  nilai-nilai GCG yang dianut oleh tiap orang di UT. Jika  ingin
                               mencapai  hasil  yang  baik  dalam  jangka  panjang  maupun  pendek  (pada
                               milestone  1 dst)  maka  pengelolaan  nilai  (value)  haruslah  menjadi  prioritas.
                               Selain  itu  karyawan  harus  sudah  dilengkapi  dengan  pengetahuan  dan
                               keterampilan.  Budaya  perusahaan  yang  baik  merupakan  rekapitulasi
                               perilaku  UT  akan  merupakan  intangible  asset  yang  akan  menghasilkan
                               reputasi  baik,  dengan  demikian  membangun  brand association,  perceived
                               quality,  regular loyalty.

                               UT jangan sampai  kehilangan  identitas, untuk itu  perlu merumuskan filosofi
                               institusi  (corporate philosophy)  yang diturunkan  pada  seperangkat  nilai  UT
                               melalui  prinsip  GCG  yang  kemudian  diinternalisasikan  sehingga  menjadi
                               perilaku.  Filosofi  institusi  kemudian  dapat  menjadi  pemersatu  setiap
                               karyawan  UT dalam  melayani  pelanggan  eksternal.  Dengan filosofi  institusi
                               yang pasti  karyawan  akan  memiliki  keyakinan  dan  kepastian  akan  identitas
                               dan  destiny  UT.  Hal  ini  sangat  kondusif  menolong  semangat  dan  moral
                               kerja karyawan.



                               94
   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108