Page 102 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 102

lmplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                            kepada pendidikan  jarak jauh.  Bahkan  merek tersebut  harus  dikembangkan
                            sampai  memiliki  perceived  quality  (persepsi  kualitas,  3,SC)  dan  loyalitas
                            merek,  (4C).  Asosiasi  yang  positif,  persepsi  kual itas  dan  loyal  itas,  sangat
                            ditentukan  oleh  persepsi   konsumen  atau  clients  setelah   mereka
                            berhubungan, menerima dan merasakan  pelayanan  UT.
                             Dengan  memperhatikan  segmen  atau  client  UT,  ada  beberapa  program
                             yang bisa dilakukan yaitu:

                             a.   Penulisan  buku,  buletin,  hasil  riset  ke  berbagai  client  dan  pemberian
                                beasiswa  kepada  mahasiswa  pada  tingkat  akhir.  Program  ini  dapat
                                menanamkan  merek  UT  di  benak  client  yang  berdampak  dalam
                                memperkuat merek.
                             b.  Mengoptimalkan  kekuatan  informasi  dari  mulut  ke  mulut  (word  of
                                mouth/WOM).  WOM ini  lebih  ampuh  daripada  iklan  di  media  massa.
                                Orang  bijak  juga  mengatakan  seeing  is  beleiving.  Untuk  lebih
                                memperkuat  merek  UT  maka  client  yang  potensial,  pihak  yang
                                berpengaruh  maupun  opinion  leader  akan  lebih  terkesan  jika
                                 mendengarkan  sendiri  dari  orang yang  mengalami.  Bagi  UT below the
                                 line melalui sarana promosi WOM sangat efektif.
                             c.   Membangun  jaringan  dan  hubungan  dengan  institusi  swasta  dan
                                 pemerintah  yang  memerlukan  peningkatan  SOM  pada  tingkat  S  1  dan
                                 S2.
                             d.  Membina  hubungan  dengan  wartawan  dan  media,  sehingga  bisa
                                 dihindari publisitas yang mendiskreditkan  UT.  Selain  dengan wartawan
                                 perlu  melakukan  aliansi  dengan  pakar  dari  berbagai  ilmu  sehingga
                                 dapat digalang kerja sama saling menguntungkan
                             e.  Menggalakkan  akademisi  untuk  menulis  di  media  massa,  hal  ini  baik
                                 untuk meningkatkan pengenalan terhadap  UT dengan  mengetengahkan
                                 berbagai  topik  yang  berkaitan  dengan  current  issue  di  bidang
                                 pendidikan, atau  bidang yang lain.
                             f.   Mengadakan  berbagai  kegiatan  atau  riset  pasar  untuk  mengetahui
                                 pemahaman    target  market  UT  terhadap  pesan-pesan  yang  sudah
                                 disampaikan.  Buat  forum  dialog antara  UT  dengan  para  pelaku  dunia
                                 bisnis.  Melalui  kegiatan  ini  dapat  dievaluasi  sejauhmana  kampanye
                                 merek yang dilakukan UT telah  mengenai  sasaran.








                                                                                             93
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107