Page 102 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 102
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
kepada pendidikan jarak jauh. Bahkan merek tersebut harus dikembangkan
sampai memiliki perceived quality (persepsi kualitas, 3,SC) dan loyalitas
merek, (4C). Asosiasi yang positif, persepsi kual itas dan loyal itas, sangat
ditentukan oleh persepsi konsumen atau clients setelah mereka
berhubungan, menerima dan merasakan pelayanan UT.
Dengan memperhatikan segmen atau client UT, ada beberapa program
yang bisa dilakukan yaitu:
a. Penulisan buku, buletin, hasil riset ke berbagai client dan pemberian
beasiswa kepada mahasiswa pada tingkat akhir. Program ini dapat
menanamkan merek UT di benak client yang berdampak dalam
memperkuat merek.
b. Mengoptimalkan kekuatan informasi dari mulut ke mulut (word of
mouth/WOM). WOM ini lebih ampuh daripada iklan di media massa.
Orang bijak juga mengatakan seeing is beleiving. Untuk lebih
memperkuat merek UT maka client yang potensial, pihak yang
berpengaruh maupun opinion leader akan lebih terkesan jika
mendengarkan sendiri dari orang yang mengalami. Bagi UT below the
line melalui sarana promosi WOM sangat efektif.
c. Membangun jaringan dan hubungan dengan institusi swasta dan
pemerintah yang memerlukan peningkatan SOM pada tingkat S 1 dan
S2.
d. Membina hubungan dengan wartawan dan media, sehingga bisa
dihindari publisitas yang mendiskreditkan UT. Selain dengan wartawan
perlu melakukan aliansi dengan pakar dari berbagai ilmu sehingga
dapat digalang kerja sama saling menguntungkan
e. Menggalakkan akademisi untuk menulis di media massa, hal ini baik
untuk meningkatkan pengenalan terhadap UT dengan mengetengahkan
berbagai topik yang berkaitan dengan current issue di bidang
pendidikan, atau bidang yang lain.
f. Mengadakan berbagai kegiatan atau riset pasar untuk mengetahui
pemahaman target market UT terhadap pesan-pesan yang sudah
disampaikan. Buat forum dialog antara UT dengan para pelaku dunia
bisnis. Melalui kegiatan ini dapat dievaluasi sejauhmana kampanye
merek yang dilakukan UT telah mengenai sasaran.
93