Page 99 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 99
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
1. Branding - Positioning - Diferentiation
Branding merupakan esensi dari seluruh hal yang ditawarkan organisasi
diciptakan di benak konsumen. Pertanyaan siapa yang menjadi pelanggan
UT dan apa yang diciptakan di benak mereka. Dengan mengidentifikasi
siapa yang menjadi segmen UT, maka penguatan UT's brand name dapat
dilakukan. Brand name UT didefinisikan sebagai "perguruan tinggi yang
menawarkan PJJ" dan tidak ada seorangpun tentunya yang meragukan hal
tersebut.
UT adalah institusi pendidikan terbesar di bidang jarak jauh, tetapi dalam
perkembangannya eksistensi UT banyak dipertanyakan masyarakat. Untuk
itu UT harus memperkuat kembali eksistensinya. Salah satu hal penting
yang perlu dipikirkan adalah UT perlu menganalisis diferensiasi
dibandingkan dengan pesaingnya. Diferensiasi perlu dikomunikasikan dan
diformulasikan dengan baik. lnformasi pada website UT tidak cukup jelas
memberikan informasi yang membuat konsumen dapat membedakan apa
yang ditawarkan UT dibanding institusi pendidikan lain.
Diferensiasi UT harus diperjelas dan sesuai dengan kebutuhan dan harapan
konsumen. Dalam era kompetisi yang tinggi ini, Jack Trout pakar
pemasaran dengan tegas menyatakan "diferentiation or die". Diferensiasi
tidak selalu harus terkait kepada produk/jasa tetapi membuat penawaran
menjadi unik dan memiliki credentials yang membuat ide perbedaan
menjadi nyata dan dapat dipercaya.
Brand promise yang memiliki diferensiasi ini secara khusus ditempatkan di
benak konsumen dan positioning statement yang disampaikan kepada
clients customer haruslah mudah dipahami dan dimengerti serta disukai. Di
mana jika dihadapkan kepada pesaing, hal itu haruslah dapat dibedakan
dan lebih unggul. Sedangkan bagi organisasi, janji tersebut haruslah sesuatu
yang dapat dilaksanakan.
Diferensiasi yang kuat juga harus didukung oleh bagaimana UT ke depan
mempunyai komitmen untuk memperkuat posisi keunggulannya, beberapa
perkiraan positioning statement yang dapat dipilih oleh UT yang dapat
dijadikan dasar dalam pengembangan strategi promosi yaitu:
90