Page 99 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 99

lmplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka


                                1.  Branding - Positioning - Diferentiation

                                Branding  merupakan  esensi  dari  seluruh  hal  yang  ditawarkan  organisasi
                                diciptakan  di  benak  konsumen.  Pertanyaan  siapa  yang  menjadi  pelanggan
                                UT  dan  apa  yang  diciptakan  di  benak  mereka.  Dengan  mengidentifikasi
                                siapa  yang  menjadi  segmen  UT,  maka  penguatan  UT's  brand name  dapat
                                dilakukan.  Brand  name  UT  didefinisikan  sebagai  "perguruan  tinggi  yang
                                menawarkan  PJJ"  dan  tidak  ada  seorangpun  tentunya  yang  meragukan  hal
                               tersebut.
                                UT adalah  institusi  pendidikan  terbesar di  bidang jarak jauh,  tetapi  dalam
                               perkembangannya  eksistensi  UT  banyak  dipertanyakan  masyarakat.  Untuk
                               itu  UT  harus  memperkuat  kembali  eksistensinya.  Salah  satu  hal  penting
                               yang  perlu  dipikirkan  adalah   UT  perlu  menganalisis  diferensiasi
                               dibandingkan  dengan  pesaingnya.  Diferensiasi  perlu  dikomunikasikan  dan
                               diformulasikan  dengan  baik.  lnformasi  pada  website  UT  tidak  cukup  jelas
                               memberikan  informasi  yang  membuat  konsumen  dapat  membedakan  apa
                               yang ditawarkan  UT dibanding institusi  pendidikan  lain.
                               Diferensiasi  UT harus diperjelas dan  sesuai  dengan  kebutuhan dan harapan
                               konsumen.  Dalam  era  kompetisi  yang  tinggi  ini,  Jack  Trout  pakar
                               pemasaran  dengan  tegas  menyatakan  "diferentiation  or  die".  Diferensiasi
                               tidak  selalu  harus  terkait  kepada  produk/jasa  tetapi  membuat  penawaran
                               menjadi  unik  dan  memiliki  credentials  yang  membuat  ide  perbedaan
                               menjadi nyata dan dapat dipercaya.

                               Brand promise yang  memiliki diferensiasi  ini  secara  khusus  ditempatkan  di
                               benak  konsumen  dan  positioning  statement  yang  disampaikan  kepada
                               clients customer haruslah  mudah dipahami dan dimengerti serta disukai.  Di
                               mana  jika  dihadapkan  kepada  pesaing,  hal  itu  haruslah  dapat  dibedakan
                               dan  lebih unggul. Sedangkan  bagi  organisasi, janji tersebut haruslah sesuatu
                               yang dapat dilaksanakan.

                               Diferensiasi  yang  kuat  juga  harus  didukung oleh  bagaimana  UT  ke  depan
                               mempunyai  komitmen  untuk memperkuat posisi  keunggulannya,  beberapa
                               perkiraan  positioning  statement  yang  dapat  dipilih  oleh  UT  yang  dapat
                              dijadikan dasar dalam pengembangan strategi  promosi yaitu:











                              90
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104