Page 98 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 98
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
A ROAD MAP OF STRENGTHENING UT'S BRAND POSITION
Profit
External Customers Internal Customers
"INFORMALIZED" --+ UTs Brand Equity Future Growth Expertise "ENGLIGHTENED"
Position Culture Reputation
Brand lnternal12atton
Campaign Program
UT's Brand Pos1bon
Behav10ur
Brand r
UTs Strategic UTs Corporate Attitude
Segmentation Pos1bonmg Philosophy r
c> Values
M11estone3
M11estone2
Positioning Diferenstas1
M11estone1 Knowledge & Skill
Current Posrtton
External Customer * Internal Customers
"UNINFORMALIZED" "UNENLIGHTENED"
UTs Brand Pos1bon
D. UT's Strategic Positioning
Dalam membangun posisi merek yang kuat, UT perlu mengidentifikasi
secara jelas siapa yang menjadi external customernya. External customer
dapat dikenali dengan baik bila dilakukan segmentasi, dalam hal ini,
sebagai institusi pendidikan tinggi jarak jauh tentu UT sudah mengenalinya.
Adapun yang dapat dikategorikan sebagai external customer adalah:
1. Future potensial client yaitu mereka yang di masa depan kemungkinan
akan menjadi customer UT
2. Potential clients yaitu yang belum pernah berhubungan dengan UT
tetapi saat ini berpotensi untuk menjadi client.
3. Existing client (curent clients) yaitu yang saat ini sudah melakukan
hubungan dengan UT yaitu mahasiswa dan mitra.
Biasanya fokus organisasi ada pada kategori 2 dan 3. Apabila UT ingin
membangun merek yang kuat di benak konsumennya, maka sebaiknya
mulai memperkenalkan diri pada future clients. Jika UT dapat menerapkan
mereknya di benak semua customer maka di masa depan UT tidak hanya
menuai hasil dari mereka yang sudah ada di segmen yang dituju oleh UT
tetapi juga dari mereka yang baru masuk segmen tersebut.
89