Page 98 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 98

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                                A ROAD MAP OF STRENGTHENING UT'S BRAND POSITION
                                                                            Profit
                                     External Customers                              Internal Customers
                                      "INFORMALIZED"   --+  UTs Brand  Equity   Future   Growth  Expertise   "ENGLIGHTENED"
                                                               Position   Culture Reputation
                                                                                    Brand lnternal12atton
                                     Campaign Program
                                                            UT's Brand Pos1bon
                                                                                  Behav10ur
                                            Brand                                   r
                                                       UTs Strategic   UTs Corporate   Attitude
                               Segmentation             Pos1bonmg     Philosophy    r
                                c>                                                 Values
                                                                  M11estone3
                                                                  M11estone2
                                      Positioning   Diferenstas1
                                                                  M11estone1     Knowledge & Skill
                                                             Current Posrtton
                                         External Customer     *                Internal Customers
                                         "UNINFORMALIZED"                       "UNENLIGHTENED"
                                                             UTs Brand  Pos1bon


                             D.  UT's Strategic Positioning

                             Dalam  membangun  posisi  merek  yang  kuat,  UT  perlu  mengidentifikasi
                             secara  jelas  siapa  yang  menjadi  external  customernya.  External  customer
                             dapat  dikenali  dengan  baik  bila  dilakukan  segmentasi,  dalam  hal  ini,
                             sebagai  institusi  pendidikan tinggi jarak jauh tentu  UT sudah  mengenalinya.
                             Adapun yang dapat dikategorikan sebagai external customer adalah:
                             1.  Future potensial client yaitu  mereka yang di  masa depan  kemungkinan
                                 akan  menjadi customer UT
                             2.  Potential  clients  yaitu  yang  belum  pernah  berhubungan  dengan  UT
                                 tetapi saat  ini berpotensi  untuk menjadi client.
                             3.  Existing  client  (curent  clients)  yaitu  yang  saat  ini  sudah  melakukan
                                 hubungan dengan  UT yaitu  mahasiswa dan  mitra.


                             Biasanya  fokus  organisasi  ada  pada  kategori  2  dan  3.  Apabila  UT  ingin
                             membangun  merek  yang  kuat  di  benak  konsumennya,  maka  sebaiknya
                             mulai  memperkenalkan diri  pada  future  clients. Jika  UT dapat  menerapkan
                             mereknya di  benak semua customer maka di  masa  depan  UT  tidak hanya
                             menuai  hasil  dari  mereka yang sudah  ada  di  segmen  yang dituju oleh  UT
                             tetapi juga dari mereka yang baru masuk segmen tersebut.






                                                                                             89
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103