Page 95 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 95
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Selain melakukan berbagai usaha membangun citra maka UT melakukan
penataan sarana dan prasarana, UT menyadari bahwa kantor UT Pusat dan
UPBJJ harus dilengkapi fasilitas kerja yang memadai dan dikelola secara
profesional untuk memberikan pelayanan dengan kualitas prima. Sejalan
dengan komitmen UT menerapkan lingkungan pembelajaran yang lebih
berkualitas, berbagai sarana dan prasarana telah disempurnakan seperti
renovasi gedung lama dan pembangunan berbagai gedung baru, dan
fasilitas taman baik di UT Pusat maupun di UPBJJ. Di UT Pusat telah
direnovasi dan dibangun sejumlah gedung seperti gedung Balai Sidang UT,
studio, gedung arsip, gedung fakultas, gudang, seluruh gedung perkantoran
lain, kawasan danau, wisma dan fasilitas parkir. Perbaikan jalan juga
dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman bagi seluruh
civitas akademika UT dalam menjalankan aktivitasnya. Peningkatan
pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi terus dilakukan. Sistem
online yang menghubungkan UT Pusat dengan UPBJJ juga menjadi sarana
yang ampuh dalam meningkatkan kecepatan dan ketepatan pelayanan
akademik dan administratif. UT secara konsisten terus melengkapi
perangkat lunak, perangkat keras, serta SOM pendukungnya agar pelayanan
optimal dapat disediakan secara profesional. Kesemuanya ini dapat untuk
meningkatkan persepsi kualitas (perceive quality) sehingga posisi UT dapat
meningkat dan sejajar dengan PTN/PTS lain yang berada pada posisi "first
layer" seperti UI, UGM,IPB,ITB dan Unair. Ke depan UT diharapkan bisa
menjadi leading university dengan keunggulan bersaingnya di bidang PJj.
Berbagai usaha yang dilakukan untuk mengembangkan citra UT melalui
berbagai usaha pemasaran melalui kegiatan promosi dan kehumasan dalam
rangka memperkuat positioning UT di mata masyarakat cukup memberikan
hasil yang positif yaitu dengan meningkatnya participation rate.
Dapat dikatakan bahwa keberhasilan UT dalam menguatkan posisi dan
reputasinya mulai menunjukkan hasil yang positif, namun memang perlu
diakui bahwa masih ada pelayanan UT kepada mahasiswa yang belum
optimal seperti keterlambatan penyampaian informasi, kesiapan
penyediaan bahan ajar, dan bahan ujian. Situasi ini mempengaruhi persepsi
stakeholders tentang UT. UT belum secara optimal menciptakan strong
image dalam menarik mahasiswa, hal ini dapat mengurangi kredibilitas atau
popularitas UT. Untuk mengatasi hal tersebut UT akan lebih itu lebih
mengintensifkan komunikasi kepada stakeholder.
86