Page 95 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 95

lmplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                                Selain  melakukan  berbagai  usaha  membangun  citra  maka  UT  melakukan
                                penataan  sarana dan  prasarana,  UT menyadari  bahwa kantor UT Pusat dan
                                UPBJJ  harus  dilengkapi  fasilitas  kerja  yang  memadai  dan  dikelola  secara
                                profesional  untuk  memberikan  pelayanan  dengan  kualitas  prima.  Sejalan
                                dengan  komitmen  UT  menerapkan  lingkungan  pembelajaran  yang  lebih
                                berkualitas,  berbagai  sarana  dan  prasarana  telah  disempurnakan  seperti
                                renovasi  gedung  lama  dan  pembangunan  berbagai  gedung  baru,  dan
                                fasilitas  taman  baik  di  UT  Pusat  maupun  di  UPBJJ.  Di  UT  Pusat  telah
                                direnovasi dan dibangun sejumlah  gedung seperti  gedung Balai  Sidang UT,
                                studio,  gedung arsip,  gedung fakultas,  gudang,  seluruh  gedung perkantoran
                                lain,  kawasan  danau,  wisma  dan  fasilitas  parkir.  Perbaikan  jalan  juga
                                dilakukan  untuk menciptakan  lingkungan  yang  lebih  nyaman  bagi  seluruh
                                civitas  akademika  UT   dalam  menjalankan  aktivitasnya.  Peningkatan
                                pemanfaatan  teknologi  komunikasi  dan  informasi  terus  dilakukan.  Sistem
                                online yang menghubungkan  UT Pusat  dengan  UPBJJ  juga menjadi  sarana
                                yang  ampuh  dalam  meningkatkan  kecepatan  dan  ketepatan  pelayanan
                                akademik  dan  administratif.  UT  secara  konsisten  terus  melengkapi
                                perangkat lunak, perangkat keras,  serta SOM  pendukungnya agar pelayanan
                                optimal  dapat  disediakan  secara  profesional.  Kesemuanya  ini  dapat  untuk
                                meningkatkan  persepsi  kualitas  (perceive  quality) sehingga  posisi  UT dapat
                                meningkat dan  sejajar dengan  PTN/PTS  lain  yang  berada  pada  posisi  "first
                                layer"  seperti  UI,  UGM,IPB,ITB  dan  Unair.  Ke  depan  UT diharapkan  bisa
                                menjadi leading university dengan  keunggulan bersaingnya di bidang PJj.
                                Berbagai  usaha  yang  dilakukan  untuk  mengembangkan  citra  UT  melalui
                                berbagai  usaha  pemasaran  melalui kegiatan  promosi  dan  kehumasan dalam
                                rangka  memperkuat positioning UT di mata masyarakat cukup memberikan
                                hasil yang positif yaitu dengan  meningkatnya participation rate.
                                Dapat  dikatakan  bahwa  keberhasilan  UT  dalam  menguatkan  posisi  dan
                                reputasinya  mulai  menunjukkan  hasil  yang  positif,  namun  memang  perlu
                                diakui  bahwa  masih  ada  pelayanan  UT  kepada  mahasiswa  yang  belum
                                optimal   seperti   keterlambatan   penyampaian   informasi,   kesiapan
                                penyediaan  bahan  ajar,  dan bahan  ujian. Situasi  ini mempengaruhi persepsi
                                stakeholders  tentang  UT.  UT  belum  secara  optimal  menciptakan  strong
                                image dalam menarik mahasiswa,  hal  ini dapat mengurangi kredibilitas atau
                                popularitas  UT.  Untuk  mengatasi  hal  tersebut  UT  akan  lebih  itu  lebih
                                mengintensifkan komunikasi kepada stakeholder.





                               86
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100