Page 90 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 90

lmplementasi Good Governance dan  TQM  di  Universitas  Terbuka



                            tutorial.  Tugas  dosen  dalam  melaksanakan  pembelajaran  di  UT,  juga
                            dimulai  dengan  menyusun  rancangan  program  pembelajaran,  kemudian
                            mengembangkan  program-program  pembelajaran  dalam  bentuk  BAC  dan
                            BANC,  dan  mengevaluasi  hasil  belajar  mahasiswa.  Peran  dosen  dalam
                            SPTJJ  cukup  besar,  sebagai  ahli  materi,  sekaligus  juga  ahli  dalam  bidang
                            pembelajaran,  bahkan  dituntut  pula  untuk  memahami  hal-hal  yang
                            berkenaan  dengan  multimedia  atau  media  elektronik.  Berikut  ini  adalah
                            gambaran tentang prosedur pengembangan  program pembelajaran di  UT.
                            Seluruh  kegiatan  dalam  prosedur  pengembangan  program  pembelajaran
                            tersebut  dilakukan  dengan  melibatkan  SOM  yang  cukup  banyak,  dan
                            dilaksanakan  oleh  unit-unit  kerja,  seperti  Fakultas,  Pusat  Pengembangan
                            Multimedia (P2M2),  Pusat Pengembangan  Bahan  Ujian, dan  UPB)J.  Adapun
                            SOM    yang   terlibat   dalam   pelaksanaan   pengembangan   program
                            pembelajaran  di  UT terdiri  dari  para ahli  materi,  dalam  hal  ini  dosen  yang
                            mengampu  matakuliah,  para  ahli  dalam  bidang Teknologi  Pendidikan  atau
                            bidang pembelajaran,  para ahli  media, komunikasi dan teknologi  (ICT),  dan
                            para teknisi yang mendukung bidang-bidang pengetikan, lay out, grafis, dan

                            publikasi.
                            Sistem  pengembangan  pembelajaran  yang  sudah  berjalan,  perlu  dikaji
                             secara  terus  menerus  untuk  perbaikan,  pengembangan  dan  peningkatan
                             program  pembelajaran  di  masa  mendatang.  Oisamping itu,  kajian  terhadap
                             sistem,  atau  kelembagaan  UT,  khususnya dalam  bidang pembelajaran  jarak
                             jauh  sangat  diperlukan  untuk  mengakomodasi  kemajuan  dalam  bidang
                             teknologi  (terutama ICT),  dan  berbagai  hal  yang inovatif.  LPPM  sebagai  unit
                             yang  bertanggung  jawab  melakukan  kajian  tersebut,  senantiasa  memberi
                             kesempatan  bagi  para tenaga  edukatif UT untuk bersama-sama  memikirkan
                             peningkatan program pembelajaran  UT.
                             Hasil  kajian  tersebut  akan  menjadi  masukan  bagi  Pimpinan  UT  untuk
                             menentukan  kebijakan,  khususnya  yang  berkaitan  dengan  peningkatan

                             program pembelajaran jarak jauh.
                             Oalam  menjalankan  pengembangan  program  pembelajaran,  sebagaimana
                             prosedur  yang  digambarkan  tersebut,  LPPM  berperan  untuk  memberi
                             fasilitasi  kepada  para  dosen  di  Fakultas  dan  Program  Pascasarjana  dalam
                             melakukan hal-hal yang berkaitan dengan :
                             1.  Analisis kompetensi mahasiswa
                             2.  Pengembangan  Rancangan  Matakuliah (RMK)



                                                                                            81
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95