Page 90 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 90
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
tutorial. Tugas dosen dalam melaksanakan pembelajaran di UT, juga
dimulai dengan menyusun rancangan program pembelajaran, kemudian
mengembangkan program-program pembelajaran dalam bentuk BAC dan
BANC, dan mengevaluasi hasil belajar mahasiswa. Peran dosen dalam
SPTJJ cukup besar, sebagai ahli materi, sekaligus juga ahli dalam bidang
pembelajaran, bahkan dituntut pula untuk memahami hal-hal yang
berkenaan dengan multimedia atau media elektronik. Berikut ini adalah
gambaran tentang prosedur pengembangan program pembelajaran di UT.
Seluruh kegiatan dalam prosedur pengembangan program pembelajaran
tersebut dilakukan dengan melibatkan SOM yang cukup banyak, dan
dilaksanakan oleh unit-unit kerja, seperti Fakultas, Pusat Pengembangan
Multimedia (P2M2), Pusat Pengembangan Bahan Ujian, dan UPB)J. Adapun
SOM yang terlibat dalam pelaksanaan pengembangan program
pembelajaran di UT terdiri dari para ahli materi, dalam hal ini dosen yang
mengampu matakuliah, para ahli dalam bidang Teknologi Pendidikan atau
bidang pembelajaran, para ahli media, komunikasi dan teknologi (ICT), dan
para teknisi yang mendukung bidang-bidang pengetikan, lay out, grafis, dan
publikasi.
Sistem pengembangan pembelajaran yang sudah berjalan, perlu dikaji
secara terus menerus untuk perbaikan, pengembangan dan peningkatan
program pembelajaran di masa mendatang. Oisamping itu, kajian terhadap
sistem, atau kelembagaan UT, khususnya dalam bidang pembelajaran jarak
jauh sangat diperlukan untuk mengakomodasi kemajuan dalam bidang
teknologi (terutama ICT), dan berbagai hal yang inovatif. LPPM sebagai unit
yang bertanggung jawab melakukan kajian tersebut, senantiasa memberi
kesempatan bagi para tenaga edukatif UT untuk bersama-sama memikirkan
peningkatan program pembelajaran UT.
Hasil kajian tersebut akan menjadi masukan bagi Pimpinan UT untuk
menentukan kebijakan, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan
program pembelajaran jarak jauh.
Oalam menjalankan pengembangan program pembelajaran, sebagaimana
prosedur yang digambarkan tersebut, LPPM berperan untuk memberi
fasilitasi kepada para dosen di Fakultas dan Program Pascasarjana dalam
melakukan hal-hal yang berkaitan dengan :
1. Analisis kompetensi mahasiswa
2. Pengembangan Rancangan Matakuliah (RMK)
81