Page 93 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 93
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Universitas Terbuka yang dikenal sebagai salah satu mega university yang
menawarkan keunggulan dengan sistem belajar jarak jauh, pada saat ini
harus menghadapi pesaing. Selain itu, UT masih harus mempertahankan
diri dalam kaitannya dengan kemampuan menawarkan pendidikan yang
dapat menciptakan kesan positif dan berkualitas sehingga dapat masuk
dalam jajaran perguruan tinggi unggulan lain yang ada di Indonesia.
Berdasarkan pengamatan, pada saat ini sedang terjadi persaingan antar
perguruan tinggi di Indonesia untuk menarik stakeholders. Keadaan yang
berkembang pada saat ini adalah perang citra antar organisasi untuk
berusaha tampil lebih baik dari pesaing. Salah satu faktor yang dapat
memperkuat dan meningkatkan citra positif organisasi pendidikan di mata
pelanggannya adalah pentingnya usaha aktif untuk melakukan berbagai
kegiatan pemasaran melalui strategi promosi yang efektif.
Kompetisi yang tinggi, menimbulkan tantangan bagi UT untuk tetap
survive. Permasalahan yang masih harus dihadapi oleh UT pada saat ini
adalah bagaimana dapat membangun reputasi dan citra
di mata
masyarakat. Yang menjadi tantangan UT ke depan adalah bagaimana
meningkatkan popularitas UT dibanding institusi pendidikan tinggi lain,
tantangan yang harus menjadi perhatian ke depan adalah bagaimana
membangun citra dan image
positif di mata masyarakat sehingga UT
mempunyai posisi kuat di mata masyarakat sebagai institusi pendidikan
jarak jauh yang berkual itas.
B. Upaya UT Membangun Citra Positif
Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang
sepenuhnya menerapkan pendidikan jarak jauh (PJJ). Sejak diresmikan pada
tahun 1984 UT tetap konsisten untuk menggarap jalur pendidikan jarak
jauh. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,
UT dapat memberikan pelayanan berkualitas kepada antara lain melalui UT
online. Pelayanan UT on/ine bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk
registrasi online, konseling dan tutorial online, latihan mandiri online,
pengecekan ujian online, jurnal online dan ujian online. Pelayanan ini
ternyata mendapat respons yang baik dari mahasiswa terutama pada tutorial
online yang diikuti 8000 mahasiswa sampai masa registrasi 2007.
Pelayanan ini merupakan breakthrough untuk memecahkan kesulitan
84