Page 91 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 91
/mplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
3. Pengembangan Garis Besar Program BAC/BANC
4. Pengembangan Kisi-kisi soal UAS dan TAP
5. Pengembangan Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT) dan Satuan Acara
Tutorial (SAT)
Bagi para calon tutor, LPPM memberi fasilitasi melalui Program Pelatihan
Tutor, yang bertujuan untuk mempersiapkan para tutor UT di UPBJJ agar
dapat melakukan tutorial secara profesional dan handal dalam memberi
layanan bantuan belajar.
Sebagai tenaga pengajar di UT, para dosen atau tutor yang dilibatkan
menangani pengembangan program pembelajaran atau program tutorial di
UT. Dosen atau tutor harus memiliki persepsi yang sama tentang "Sistem
Belajar Jarak Jauh (SBJJ) : Karakteristik dan Keunikannya". Pengetahuan
tentang SBJJ dikemas sebagai salah satu materi Program Orientasi Calon
Dosen UT, dan Program Pelatihan Tutor. Sehingga para calon dosen atau
calon tutor UT di UPBJJ, memiliki wawasan pengetahuan yang cukup
mengenai UT dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
Disamping melakukan kajian-kajian mengenai program pembelajaran jarak
jauh, LPPM melalui Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan
Pengembangan lnstruksional (PAU-PPI), sejak 1996 diberi tanggungjawab
oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas untuk
mengembangkan program-program peningkatan pembelajaran, yang
kemudian dinamakan Pekerti (Peningkatan Keterampilan Teknik
lnstruksional) dan AA (Applied Approach). Program ini bertujuan untuk
meningkatkan profesionalisme dosen Perguruan Tinggi di Indonesia dalam
melakukan perkuliahan. Selanjutnya, tugas ini menjadi tanggungjawab
Pusat Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas lnstuksional (P3AI)
di
Perguruan Tinggi setempat.D
82