Page 91 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 91

/mplementasi Coad Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka


                                 3.  Pengembangan Garis Besar Program  BAC/BANC
                                4.  Pengembangan  Kisi-kisi  soal  UAS dan TAP
                                 5.  Pengembangan  Rancangan  Aktivitas  Tutorial  (RAT)  dan  Satuan  Acara
                                    Tutorial  (SAT)


                                Bagi  para  calon  tutor,  LPPM  memberi  fasilitasi  melalui  Program  Pelatihan
                                Tutor,  yang  bertujuan  untuk  mempersiapkan  para  tutor  UT  di  UPBJJ  agar
                                dapat  melakukan  tutorial  secara  profesional  dan  handal  dalam  memberi
                                layanan bantuan belajar.
                                Sebagai  tenaga  pengajar  di  UT,  para  dosen  atau  tutor  yang  dilibatkan
                                menangani  pengembangan  program  pembelajaran  atau  program  tutorial  di
                                UT.  Dosen  atau  tutor  harus  memiliki  persepsi  yang  sama  tentang  "Sistem
                                Belajar  Jarak  Jauh  (SBJJ)  :  Karakteristik  dan  Keunikannya".  Pengetahuan
                                tentang  SBJJ  dikemas  sebagai  salah  satu  materi  Program  Orientasi  Calon
                                Dosen  UT,  dan  Program  Pelatihan  Tutor.  Sehingga  para  calon  dosen  atau
                                calon  tutor  UT  di  UPBJJ,  memiliki  wawasan  pengetahuan  yang  cukup
                                mengenai  UT dan  kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

                                Disamping melakukan  kajian-kajian  mengenai  program  pembelajaran  jarak
                                jauh,  LPPM  melalui  Pusat  Antar  Universitas  untuk  Peningkatan  dan
                                Pengembangan  lnstruksional  (PAU-PPI),  sejak  1996  diberi  tanggungjawab
                                oleh   Direktorat   Jenderal   Pendidikan   Tinggi   Depdiknas   untuk
                                mengembangkan    program-program   peningkatan   pembelajaran,  yang
                                kemudian   dinamakan   Pekerti   (Peningkatan   Keterampilan   Teknik
                                lnstruksional)  dan  AA  (Applied  Approach).  Program  ini  bertujuan  untuk
                                meningkatkan  profesionalisme dosen  Perguruan  Tinggi  di  Indonesia dalam
                                melakukan  perkuliahan.  Selanjutnya,  tugas  ini  menjadi  tanggungjawab
                                Pusat  Pengembangan  dan  Peningkatan  Aktivitas  lnstuksional  (P3AI)
                                                                                               di
                               Perguruan Tinggi  setempat.D


















                               82
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96