Page 88 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 88

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka



                             No    lnstansi Mitra        Bidang Kerjasama      Tahun Pelaksanaan
                             17.   BPSDM                                       2009
                                 DEPKUMHAM        Analisis  Model  dan  Penyusunan  Modul
                                                  Diklat Jarak  Jauh  Badan  Pengembang-
                                                  an  Sumber  Daya  Manusia  Hukum  dan
                                                  HAM  Departemen  Hukum  dan  Hak
                                                  Asasi Manusia Republik Indonesia



                                Penjaminan Kualitas Program Pengabdian kepada Masyarakat
                                Untuk  memperoleh/mewujudkan  suatu  program  pengabdian  kepada
                                masyarakat  yang  berkualitas,  akuntabel,  transparan,  dan  sesuai
                                peraturan  yang  berlaku,  maka  proses  penjaminan  kualitas  telah
                                dilakukan  sejak  awal  yaitu  mulai  dari  pengembangan  desain  program
                                sampai  dengan  penyelenggaraan  dan  umpan  balik/evaluasi  program.
                                Sejumlah  tahapan  untuk  menjamin  program  yang  berkualitas  antara
                                 lain:
                                 •   melibatkan calon  peserta  sebelum  mendesain  program,  agar sesuai
                                    masalah  yang  dihadapi  ataupun  keterampilan/kemampuan  yang
                                    dibutuhkan.
                                 •   Melibatkan  pakar di  bidangnya  dari  setiap  unit di  UT  yang  terkait
                                    dengan program; jika perlu mengundang pakar dari lnstansi  lain.
                                 •   Mendiseminasikan  draf  desain  kepada  semua  pimpinan  terkait
                                    sebelum  pelaksanaan  program  agar  mendapat dukungan  kebijakan
                                    yang sesuai.
                                 •   Melakukan  monitoring  dan  evaluasi  yang  sifatnya  internal  PPM
                                    maupun  eksternal  baik  dari  unit  di  luar  PPM-LPPM  maupun  dari
                                     instansi  luar UT.
                                 •   Memberikan  laporan  kegiatan  secara  bertahap,  yaitu  laporan  awal,
                                     laporan  kemajuan,  dan  laporan  akhir.   Tujuannya  adalah  agar
                                     setiap   ada   indikasi   terjadi   penyimpangan   maka   dapat
                                     disempurnakan/ dikembalikan ke  rencana awal  sejak dini.
                                 •   Melakukan  diseminasi/ekspose  hasil  program  kepada  pimpinan
                                     dan  instansi  luar  penyandang  dana;  sehingga  dapat  diperoleh
                                     masukan  untuk  tindak  lanjut  dan  perbaikan  program  yang  akan
                                     datang.







                                                                                            79
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93