Page 88 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 88
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
No lnstansi Mitra Bidang Kerjasama Tahun Pelaksanaan
17. BPSDM 2009
DEPKUMHAM Analisis Model dan Penyusunan Modul
Diklat Jarak Jauh Badan Pengembang-
an Sumber Daya Manusia Hukum dan
HAM Departemen Hukum dan Hak
Asasi Manusia Republik Indonesia
Penjaminan Kualitas Program Pengabdian kepada Masyarakat
Untuk memperoleh/mewujudkan suatu program pengabdian kepada
masyarakat yang berkualitas, akuntabel, transparan, dan sesuai
peraturan yang berlaku, maka proses penjaminan kualitas telah
dilakukan sejak awal yaitu mulai dari pengembangan desain program
sampai dengan penyelenggaraan dan umpan balik/evaluasi program.
Sejumlah tahapan untuk menjamin program yang berkualitas antara
lain:
• melibatkan calon peserta sebelum mendesain program, agar sesuai
masalah yang dihadapi ataupun keterampilan/kemampuan yang
dibutuhkan.
• Melibatkan pakar di bidangnya dari setiap unit di UT yang terkait
dengan program; jika perlu mengundang pakar dari lnstansi lain.
• Mendiseminasikan draf desain kepada semua pimpinan terkait
sebelum pelaksanaan program agar mendapat dukungan kebijakan
yang sesuai.
• Melakukan monitoring dan evaluasi yang sifatnya internal PPM
maupun eksternal baik dari unit di luar PPM-LPPM maupun dari
instansi luar UT.
• Memberikan laporan kegiatan secara bertahap, yaitu laporan awal,
laporan kemajuan, dan laporan akhir. Tujuannya adalah agar
setiap ada indikasi terjadi penyimpangan maka dapat
disempurnakan/ dikembalikan ke rencana awal sejak dini.
• Melakukan diseminasi/ekspose hasil program kepada pimpinan
dan instansi luar penyandang dana; sehingga dapat diperoleh
masukan untuk tindak lanjut dan perbaikan program yang akan
datang.
79