Page 84 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 84

lmp/ementasi Coad Governance dan  TQM di Universitas  Terbuka



                                •   Tersedia   desain   Program   Konsultansi/Pendampingan,   yang
                                   meliputi:  hasil  analisis  potensi  institusi,  masalah/kebutuhan,  materi
                                   konsultansi,  pendekatan  konsultansi/pendampingan,  SOM,  bahan

                                   pelatihan,   rencana   benshmarking,   sarpras,   praktek,   serta
                                    monitoring dan evaluasi;
                                •   Tersedia   pedoman   penyelenggaraan   Program   Konsultansi/
                                    Pendampingan dan panduan peserta;
                                •   Tersedia  bahan  pendampingan/pelatihan,  instrumen  monitoring,
                                    dan bahan evaluasi  pendampingan;
                                •   Terselenggara   Program   Konsultansi/Pendampingan   (penataan
                                    sistem,   pengembangan   budaya   kerja,   pelatihan/workshop/
                                    benchmarking, pemantapan sistem dan budaya kerja);
                                •   Terdistribusi  sertifikat konsultansi/pendampingan kepada peserta;
                                •   Tersusun   laporan   penyelenggaraan   Program   Konsultansi/
                                    Pendampingan;  dilakukan  secara  bertahap  agar  dapat  dilakukan
                                    perbaikan  sebelum  program  berakhir;  laporan  mulai  dengan
                                    laporan awal, kemajuan, dan laporan akhir.

                                •   Terselenggara  ekspose  penyelenggaraan  Program  Konsultansi/
                                    Pendampingan.


                                 Hasil Pengembangan Program Konsultansi/ Pendampingan
                                 Beberapa program  Konsultansi/Pendampingan yang telah  dilakukan  UT
                                 sampai  dengan tahun 2009 antara lain disajikan pada Tabel  2 berikut.


                                I     Kegiatan                  Judul               Tahun
                                 Pengembangan Desain   Program Pendampingan Sekolah Standar   2009
                                 dan Pelaksanaan    Nasional/Sekolah Kategori Mandiri:
                                 Kapasitas Sekolah   Pelatihan Penulisan Modul di SMA Dharma
                                 (Berkoordinasi dengan   Karva UT
                                 fakultas dan instansi   Pelatihan/Pendampingan SMA di Jakarta   2008
                                 lain sebagai pendukung   Timur dalam Penulisan bahan Aiar/ Modul
                                 dana)              Evaluasi Program Pelatihan Guru SD   2009
                                                    "Pembelajaran Abad 21" oleh INTEL dan
                                                    DBE2
                                                    Evaluasi Program Pelatihan Guru SMA   2008
                                                    "Pembelajaran Abad 21" oleh INTEL









                                                                                             75
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89