Page 79 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 79

/mplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                                        9)  Pengembangan  lnstrumen Monev;
                                        10)  Pengembangan  Bahan Sosialisasi/Promosi dan  Kerjasama;
                                        11)  Promosi  Program  Pendidikan Berkelanjutan;


                                    b.  Pelaksanaan  PPB;  ·
                                        1)  Pelaksanaan  ldentifikasi dan  Pengarahan  Peserta;
                                        2)  Pelaksanaan  Penyuluhan/Pelatihan;
                                        3)   Pelaksanaan  Praktik Mandiri;
                                        4)  Pelaksanaan  Pendampingan dan Monitoring;
                                        5)  Pelaksanaan  Evaluasi;
                                        6)  Pengembangan data base peserta PPM.


                                    c.   Pelaporan  Penyelenggaraan  PPB
                                        1)  Penyusunan  laporan (kemajuan,  monitoring, akhir);
                                        2)  Sertifikasi  Peserta,  Tutor, dan  Penyelenggara;
                                        3)  Ekspose/Publikasi  Program  Pendidikan Berkelanjutan;


                                    Untuk  menjamin  kegiatan  yang  akuntable  dan  transparan,  lndikator
                                    keluaran  dan  keluaran  dari  Penyelenggaraan  Program  pengabdian
                                    kepada   Masyarakat  adalah:   tercapai   peningkatan   keterampilan

                                    masyarakat  peserta  PPM  yang  sesuai  permasalahan/kebutuhannya.
                                    Sedangkan  keluaran  yang  bersifat  konkrit dari  program  pemberdayaan
                                    masyarakat  adalah:   Anggota  masyarakat  peserta  PPM  mampu
                                    melakukan keterampilan  sesuai  kebutuhannya.  Untuk menjamin setiap
                                    tahapan  kegiatan  dilakukan  secara  akuntable,  transparan,  dan  maka
                                    dalam setiap tahapan tersebut selalu ditetapkan  ukuran keluaran, antara
                                    lain:
                                    •   Tersedia  desain  PPM,  yang  meliputi:  hasil  analisis  potensi
                                       masyarakat,   masalah/kebutuhan,   materi    pemberdayaan,

                                       pendekatan  pelatihan,  SDM, bahan  pelatihan,  sarpras,  praktek, dan
                                       evaluasi);
                                   •   Tersedia pedoman penyelenggaraan  PPM;
                                   •   Tersedia  bahan  penyuluhan/pelatihan,  instrumen  monitoring,  dan
                                       bahan evaluasi pemberdayaan;
                                   •   Terselenggara PPM  bagi  minimal 30 anggota masyarakat peserta;
                                   •   Terselenggara kunj ungan tokoh masyarakat/pelopor perubahan
                                   •   Terdistribusi sertifikat kepada 30 anggota masyarakat peserta;




                               70
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84