Page 79 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 79
/mplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
9) Pengembangan lnstrumen Monev;
10) Pengembangan Bahan Sosialisasi/Promosi dan Kerjasama;
11) Promosi Program Pendidikan Berkelanjutan;
b. Pelaksanaan PPB; ·
1) Pelaksanaan ldentifikasi dan Pengarahan Peserta;
2) Pelaksanaan Penyuluhan/Pelatihan;
3) Pelaksanaan Praktik Mandiri;
4) Pelaksanaan Pendampingan dan Monitoring;
5) Pelaksanaan Evaluasi;
6) Pengembangan data base peserta PPM.
c. Pelaporan Penyelenggaraan PPB
1) Penyusunan laporan (kemajuan, monitoring, akhir);
2) Sertifikasi Peserta, Tutor, dan Penyelenggara;
3) Ekspose/Publikasi Program Pendidikan Berkelanjutan;
Untuk menjamin kegiatan yang akuntable dan transparan, lndikator
keluaran dan keluaran dari Penyelenggaraan Program pengabdian
kepada Masyarakat adalah: tercapai peningkatan keterampilan
masyarakat peserta PPM yang sesuai permasalahan/kebutuhannya.
Sedangkan keluaran yang bersifat konkrit dari program pemberdayaan
masyarakat adalah: Anggota masyarakat peserta PPM mampu
melakukan keterampilan sesuai kebutuhannya. Untuk menjamin setiap
tahapan kegiatan dilakukan secara akuntable, transparan, dan maka
dalam setiap tahapan tersebut selalu ditetapkan ukuran keluaran, antara
lain:
• Tersedia desain PPM, yang meliputi: hasil analisis potensi
masyarakat, masalah/kebutuhan, materi pemberdayaan,
pendekatan pelatihan, SDM, bahan pelatihan, sarpras, praktek, dan
evaluasi);
• Tersedia pedoman penyelenggaraan PPM;
• Tersedia bahan penyuluhan/pelatihan, instrumen monitoring, dan
bahan evaluasi pemberdayaan;
• Terselenggara PPM bagi minimal 30 anggota masyarakat peserta;
• Terselenggara kunj ungan tokoh masyarakat/pelopor perubahan
• Terdistribusi sertifikat kepada 30 anggota masyarakat peserta;
70