Page 92 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 92

B                      Membangun Citra Positif


                            A               Melalui Strategi  Promosi  dan
                                                                          Kehumasan
                             B


                                                                          D  GINTA  GINTING

                             5


                                      A.  Pendahuluan
                                      Meningkatnya  permintaan  terhadap  pendidikan  tinggi  di
                                      Indonesia  yang  dipicu  antara  lain  oleh  globalisasi  telah
                                      mendorong munculnya penawaran  program-program  pendidikan
                                      tinggi  oleh  berbagai  organisasi.  Situasi  ini  menyebabkan
                                      tingginya  tingkat  persaingan  antar  perguruan  tinggi  dalam
                                      menciptakan  dan  mempertahankan  pelanggan.  Kelangsungan
                                      hidup  perguruan  tinggi  sangat  dipengaruhi  oleh  kemampuan
                                      menciptakan keunggulan  bersaing.
                                      Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pendidikan semakin tinggi
                                      yang   dipicu  oleh  tingginya  kompetisi   di  dunia  kerja  yang
                                      mensyaratkan  suatu  pendidikan  setingkat  melebihi  strata  satu.
                                      Merespons  tingginya  tingkat  permintaan  tersebut,  pada  saat  ini
                                      telah  begitu  banyak  institusi  yang  menawarkan  jasa  pendidikan
                                      tinggi  dari  mulai  program  diploma  1  sampai  program  lanjutan
                                      setara  strata  2  dengan  menawarkan  berbagai  keunggulan
                                      program  untuk memenuhi target konsumen.
                                      Berkembangnya  institusi  yang  menawarkan  jasa  pendidikan
                                      tinggi   merupakan  respons  terhadap  tingginya  permintaan
                                      terhadap  jasa  tersebut.  Tingginya  tingkat  persaingan  mendorong
                                       institusi  pendidikan  sebagai  service  provider  untuk  terus
                                       mengembangkan  keunggulan  kompetitif  dengan   menawarkan
                                       value  orientation  dan  memberikan  standar  tinggi  dari  kualitas
                                       jasa.  Hal  ini  dapat  mempengaruhi  citra  dan  reputasi  perguruan
                                       tinggi.





                                                                                             83
   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97