Page 97 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 97

/mp/ementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                                 ini  dapat  berpengaruh  positif  terhadap  usaha  pengembangan  citra  UT  di
                                 mata stakeholder.
                                 Berbagai   prestasi  yang  dicapai  UT  diharapkan  akan  dapat  mendukung
                                 terwujudnya visi  dan  misi  UT yaitu  menjadi  institusi  PJJ  unggulan di antara
                                 institusi  PJJ  di  Asia  tahun  2010 dan  di  dunia tahun  2020.  Berbagai  usaha
                                 yang  dilakukan  untuk  meningkatkan  citra  UT  di  mata  masyarakat  cukup
                                 memberikan hasil  yang positif yaitu adanya peningkatan tingkat partisipasi.
                                 Untuk  lebih  menguatkan  positioning  UT  di  benak  stakeholders,  strategic
                                 positioning  menjadi  sesuatu  yang  penting  bagi  UT.  Untuk  itu  perlu
                                dikembangkan  suatu  strategi  memperkuat  posisi  UT  di  mata  stakeholders
                                bahwa  UT  menawarkan  pendidikan  tinggi  berkualitas  dan  menawarkan
                                 keunggulan/keunikan dengan  sistem  PJJ-nya.  Melalui strategi  ini diharapkan
                                 UT  dapat  lebih  mempertahankan  keunggulan  bersaing  seperti  yang
                                dinyatakan  Aaker  (1998)  "to  survive  in  the  21st  century  firms  must  not
                                only  provide  goods  and  services  to  the  customer  efficiently  but  should
                                posses sustainable competitive advantage".


                                C.  Strategi Memperkuat Posisi  UT Sebagai  lnstitusi  PJJ  Yang
                                    Unggul
                                Survival  UT  sangat  ditentukan  oleh  pengembangan  strategi  yang  jitu  yaitu
                                antara lain merubah berbagai  permasalahan dan ancaman menjadi peluang.
                                Ke  depan  UT  perlu  lebih  mengembangkan  strategi  pemasaran  yang  lebih
                                efektif.   Salah  satu  strategi  penting  adalah  memperkuat  positioning  UT

                                sebagai  institusi  yang  unggul  di  bidang  PJJ.  Berikut diusulkan  a  road  map
                                of strengthening UT's  positioning.  A  road  map  ini  menunjukkan  posisi  UT
                                pada  saat  ini  dan  posisi  pada  masa  yang  akan  datang.  Perjalanan  yang
                                ditempuh  UT  untuk  memperkuat  brand  UT  yang  kuat  perlu  melalui
                                beberapa  sasaran-sasaran.  Hal  penting  yang  harus  diperhatikan  adalah
                                mengenali  siapa  yang  menjadi  konsumennya  baik  external  customer
                                (mahasiswa,  pesaing,  masyarakat  umum)  maupun  internal  customer
                                (karyawan).  Untuk  itu  UT  perlu  secara  detail  mengembangkan  dua  hal
                                penting  yaitu  mengembangkan  strategic  positioning  dan  menciptakan
                                corporate philosophy.









                               88
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102