Page 97 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 97
/mp/ementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
ini dapat berpengaruh positif terhadap usaha pengembangan citra UT di
mata stakeholder.
Berbagai prestasi yang dicapai UT diharapkan akan dapat mendukung
terwujudnya visi dan misi UT yaitu menjadi institusi PJJ unggulan di antara
institusi PJJ di Asia tahun 2010 dan di dunia tahun 2020. Berbagai usaha
yang dilakukan untuk meningkatkan citra UT di mata masyarakat cukup
memberikan hasil yang positif yaitu adanya peningkatan tingkat partisipasi.
Untuk lebih menguatkan positioning UT di benak stakeholders, strategic
positioning menjadi sesuatu yang penting bagi UT. Untuk itu perlu
dikembangkan suatu strategi memperkuat posisi UT di mata stakeholders
bahwa UT menawarkan pendidikan tinggi berkualitas dan menawarkan
keunggulan/keunikan dengan sistem PJJ-nya. Melalui strategi ini diharapkan
UT dapat lebih mempertahankan keunggulan bersaing seperti yang
dinyatakan Aaker (1998) "to survive in the 21st century firms must not
only provide goods and services to the customer efficiently but should
posses sustainable competitive advantage".
C. Strategi Memperkuat Posisi UT Sebagai lnstitusi PJJ Yang
Unggul
Survival UT sangat ditentukan oleh pengembangan strategi yang jitu yaitu
antara lain merubah berbagai permasalahan dan ancaman menjadi peluang.
Ke depan UT perlu lebih mengembangkan strategi pemasaran yang lebih
efektif. Salah satu strategi penting adalah memperkuat positioning UT
sebagai institusi yang unggul di bidang PJJ. Berikut diusulkan a road map
of strengthening UT's positioning. A road map ini menunjukkan posisi UT
pada saat ini dan posisi pada masa yang akan datang. Perjalanan yang
ditempuh UT untuk memperkuat brand UT yang kuat perlu melalui
beberapa sasaran-sasaran. Hal penting yang harus diperhatikan adalah
mengenali siapa yang menjadi konsumennya baik external customer
(mahasiswa, pesaing, masyarakat umum) maupun internal customer
(karyawan). Untuk itu UT perlu secara detail mengembangkan dua hal
penting yaitu mengembangkan strategic positioning dan menciptakan
corporate philosophy.
88