Page 96 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 96

lmplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                            Berbagai  usaha  untuk  mengembangkan  citra  positif  tidak  terlepas  dari
                            berbagai  kegiatan  pemasaran  dan  promosi  yang  dilakukan  seperti
                            kunjungan  ke  SMU,  pemasangan  iklan  program  di  media  massa,
                            pemasangan  iklan sponsor,  penyebaran leaflet, folder, dan  poster ke  kantor-
                            kantor pemerintah provinsi dan  pemerintah kabupaten/kota dan  ke sekolah-
                            sekolah,  serta penayangan program di stasiun televisi.
                            Berbagai  kegiatan  hubungan  masyarakat  yang  intensif  dan  beragam  juga
                            telah dikembangkan, seperti:
                            1.  Pengembangan  informasi melalui website UT,
                            2.   Press  release pada berbagai acara
                            3.  Penerbitan:  kalender  dan  buku  agenda  UT,  majalah  Komunika,  buku-
                               buku tentang pendidikan dan  PTJJ,  VCD profil UT,
                            4.  Menerima  kunjungan  tamu  dari  dalam  dan  luar negeri  ke  kantor  pusat
                                UT maupun  UPBJJ  antara lain anggota DPR  Pusat,  Ubinus, Unila, STTP,
                                KNOU, dan OUM.
                            5.  Mengadakan  berbagai  pameran  seperti  pameran  pendidikan  di
                                Bandung,  pameran  UT-SEAMOLEC,  IKAPI  Book  Fair  2004  dan
                                pameran  UT di AAOU 2004 di Shanghai
                            6.  Teleconference  dengan  mahasiswa  di  UPBJJ  Jayapura,  Palu,  Jakarta,
                                dan  Bogar

                            Upaya  peningkatan  citra  dan  reputasi  UT  secara  nasional  juga  telah
                            dilakukan  melalui  program  revitalisasi  UPBJJ-UT,  beberapa  kegiatan  telah
                            dijalankan:
                            1.  Menyusun  buku  desain  dasar  Revitalisasi  UPBJJ-UT,  yang  merupakan
                                konsep dasar dari kegiatan  revitalisasi  UPBJJ
                            2.  Memproduksi  program  informasi  dalam  bentuk  video  sebanyak  9

                                program
                            3.  Menyusun  program  pelatihan  jarak  jauh  dalam  format  program
                                powerpoint sebanyak 6 program


                             Berbagai  kegiatan  pemasaran  dalam  bentuk humas dan  promosi  yang telah
                             dilakukan  UT diharapkan  dapat  membangun  public trust  sebagai  institusi
                             yang  dalam  pengelolaannya menerapkan  secara  konsisten  dengan  prinsip-
                             prinsip  Good  and  Corporate  Governance.  Keberhasilan  membangun  trust






                                                                                            87
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101