Page 96 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 96
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Berbagai usaha untuk mengembangkan citra positif tidak terlepas dari
berbagai kegiatan pemasaran dan promosi yang dilakukan seperti
kunjungan ke SMU, pemasangan iklan program di media massa,
pemasangan iklan sponsor, penyebaran leaflet, folder, dan poster ke kantor-
kantor pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dan ke sekolah-
sekolah, serta penayangan program di stasiun televisi.
Berbagai kegiatan hubungan masyarakat yang intensif dan beragam juga
telah dikembangkan, seperti:
1. Pengembangan informasi melalui website UT,
2. Press release pada berbagai acara
3. Penerbitan: kalender dan buku agenda UT, majalah Komunika, buku-
buku tentang pendidikan dan PTJJ, VCD profil UT,
4. Menerima kunjungan tamu dari dalam dan luar negeri ke kantor pusat
UT maupun UPBJJ antara lain anggota DPR Pusat, Ubinus, Unila, STTP,
KNOU, dan OUM.
5. Mengadakan berbagai pameran seperti pameran pendidikan di
Bandung, pameran UT-SEAMOLEC, IKAPI Book Fair 2004 dan
pameran UT di AAOU 2004 di Shanghai
6. Teleconference dengan mahasiswa di UPBJJ Jayapura, Palu, Jakarta,
dan Bogar
Upaya peningkatan citra dan reputasi UT secara nasional juga telah
dilakukan melalui program revitalisasi UPBJJ-UT, beberapa kegiatan telah
dijalankan:
1. Menyusun buku desain dasar Revitalisasi UPBJJ-UT, yang merupakan
konsep dasar dari kegiatan revitalisasi UPBJJ
2. Memproduksi program informasi dalam bentuk video sebanyak 9
program
3. Menyusun program pelatihan jarak jauh dalam format program
powerpoint sebanyak 6 program
Berbagai kegiatan pemasaran dalam bentuk humas dan promosi yang telah
dilakukan UT diharapkan dapat membangun public trust sebagai institusi
yang dalam pengelolaannya menerapkan secara konsisten dengan prinsip-
prinsip Good and Corporate Governance. Keberhasilan membangun trust
87