Page 94 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 94

Suripto  &  Sumiyati,  Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan


                Pada  pengelompokkan  menurut  kesenangan  berkawan,
        kelas  dibagi  dalam  beberapa  kelompok  Uumlah  kelompok
        tergantung     pada     besarnya    kelas)    atas    dasar
        perkawanan/kesenangan  bergaul  diantara  mereka.  Kelompok
        terdiri  dari 4-6 orang  atau  lebih  yang  menurut mereka merupakan
        kawan-kawan  dekat.  Mereka duduk  mengelilingi  meja  yang  telah
        disusun  sedemikian  rupa  dalam  keadaan  berhadapan.   Dalam
        pengelompokkan  seperti  ini,  setiap  siswa  mempelajari  atau
        berbuat hal yang sama dengan sumber yang sama.
                Selanjutnya  pengelompokkan    menurut  kemampuan,
        didasarkan  pada  kenyataan  bahwa  ada  siswa  yang  pandai,
        sedang,  dan  lambat  dalam  mempelajari  sesuatu.    Untuk
        memudahkan  pelayanan  guru,  siswa  dikelompokkan  ke  dalam
        kelompok     cerdas,    sedang/menengah,     dan     lambat.
        Pengelompokkan     seperti  ini  diubah   sesuai  kesanggupan
        individual  dalam  mempelajari  mata  pelajaran.  Pengelompokkan
        demikian   akan  menuntut  program-program  khusus  (bantuan
        remidi)  untuk  membantu  siswa-siswa  tertentu  yang  mengalami
        kesulitan khusus dalam mata pelajaran tertentu.
                Sedangkan  pada  pengelompokan  menurut  minat,  guru
        perlu  terus-menerus  mengamati  setiap  minat  siswa,  kemudian
         siswa-siswa  yang  melakukan  kegiatan  belajar  yang  sama
         dikelompokkan.  Di  samping  itu,  guru  perlu  beri  dorongan  kepada
         siswa untuk berpindah dari satu kegiatan  ke kegiatan yang  lain.
                lhwal  pengelolaan  fisik  diarahkan  pada  penataan  ruang
         kelas  yang  mencakup:  (1)  pengaturan  tempat  duduk;  (2)
         pengaturan  alat-alat  pelajaran;  (3)  penataan  keindahan  dan
         kebersihan  kelas,  dan;  (4)  ventilasi  dan  cahaya.  Pada  umumnya
                                                           2
         luas  ruangan  sebuah  kelas  di  Indonesia  adalah  56  m .  Secara
         ideal  ruangan  kelas  seluas  ini  diisi  oleh  sekitar 20-25  siswa.  Jika
         ruangan  itu  diisi  lebih  dari  itu,  maka  efisiensi  belajar  tidak  akan
         tercapai.  Sebab,  besar atau kecilnya  ruang  kelas ikut menentukan
         proses  belajar mengajar.  Ruang  kelas  yang  terlalu  besar  adalah
         keluhan  umum  para  guru  dan  bahkan  banyak  yang  percaya
         bahwa  perbaikan  mutu  pengajaran  langsung  dapat  dicapai
         dengan  mengurangi  besarnya  kelas.  Hal  ini  dimaklumi,  karena
         dengan  besarnya  kelas  akan  menyulitkan  guru  mengelola  proses
         belajar  mengajar yang  kondusif.  Sebaliknya,  kecilnya  kelas  akan




         82
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99